Salah satu fungsi dari solusi ini disebut IBM dapat membantu pengguna mengolah dan menganalisa dark data. IBM mencatat sebanyak 80 persen data yang beredar di internet merupakan dark data atau data tidak berstruktur, yang hadir dalam bentuk tulisan, video, maupun gambar.
Indonesia juga menjadi pasar penting terkait dengan pertumbuhan data di dunia, akibat jumlah pengguna internet yang tergolong tinggi. IBM menilai solusi kognitif melalui Watson ini dapat menawarkan pendekatan yang lebih terpersonalisasi, sehingga dapat menghadirkan manfaat sesuai kebutuhan penggunanya. Namun, pemanfaatan teknologi ini di Indonesia juga tidak lepas dari tantangan.
"Tantangan terbesar di Indonesia adalah keberagamannya. Orang Indonesia juga belum sadar terkait pentingnya data. Kalaupun ada yang sudah sadar dan memanfaatkan data, adaptasinya masih kurang cepat. Selain itu, kondisi geografis dan tingkah laku ekonomi juga menjadi tantangan," ujar Country Manager Hardware IBM Indonesia, Al Novam Basukiwijaya.
IBM Watson didukung oleh kemampuan untuk memahami data dalam jumlah besar, termasuk data yang dianggap sebagai dark data. Pemanfaatan kemampuan Watson dalam memahami data ini diklaim IBM dapat membantu perusahaan dan organisasi secara maksimal dalam mencari solusi yang efektif.
Selain itu, solusi ini juga diklaim IBM sesuai untuk negara berkembang yang tengah mengalami proses transformasi digital di berbagai bidang. Sementara itu secara internasional, IBM Watson telah digunakan di 29 industri di 36 negara.
Di Indonesia, IBM menyebut telah bekerja sama dengan layanan O2 Medicare, dalam tahap pengembangan infrastruktur dan kegiatan marketing guna mengimplementasikan solusi kognitif di bidang healthcare.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id