VGA NVIDIA RTX
VGA NVIDIA RTX

Melihat Teknologi Ray Tracing pada NVIDIA RTX

Teknologi nvidia hardware geforce rtx vga
Mohammad Mamduh • 25 September 2018 17:48
Bangkok: NVIDIA secara resmi mengumumkan rumpun kartu grafis teranyar NVIDIA RTX dalam ajang Gamescom 2018 bulan lalu.
 
Seperti yang kita telah ketahui, NVIDIA RTX merupakan GPU generasi baru, dengan arsitektur Turing yang sudah dilengkapi sejumlah teknologi canggih. Tentunya, RTX menawarkan performa yang lebih baik dari GTX.
 
Pihak NVIDIA menyebutkan Turing menjadi fondasi yang kuat untuk NVIDIA RTX. Mengusung moto Graphics Reinvented, NVIDIA ingin menunjukkan berbagai terobosan yang akan memanjakan semua kalangan penikmat visual, termasuk gamer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika melihat berbagai informasi yang sudah beredar, konsumen sadar bahwa NVIDIA RTX menekankan teknologi yang disebut Ray Tracing.
 
Ray Tracing adalah teknologi yang memanfaatkan pencahayaan untuk memberikan kesan realistis pada objek dalam grafis. Pada dasarnya, Ray Tracing akan memberikan dampak terhadap tiga aspek: bayangan, refleksi, dan refraksi.
 
“Cahaya akan membuat bayangan objek lebih gelap,” kata NVIDIA Director of Technical Marketing, APAC Jeffrey Yen dalam konferensi pers terbatas yang digelar di Bangkok, Selasa 25 September 2018.
 
Dalam contohnya, Jeff memperlihatkan ilustrasi berupa ruangan kecil yang di dalamnya terdiri dari beberapa objek. Dengan pencahayaan, objek bisa menghasilkan bayangan yang tepat dan lebih natural.
 
“Ray Tracing juga memberikan refleksi objek yang lebih baik,” ungkap Jeffrey. Refleksi ini merupakan aspek kedua yang ingin ditekankan Ray Tracing.
 
Sebelumnya, objek dalam grafis cenderung mengutamakan dirinya sendiri. Ini menyebabkan mereka tidak bisa merefleksikan objek lain di sekitarnya. Ray Tracing memungkinkan satu objek memberikan refleksi yang memadai terhadap objek lain.
 
Contoh mudahnya adalah sebuah benda yang bisa memantulkan warna dan cahaya dari objek yang ada di sebelahnya. Refleksi inilah yang ingin dibuat lebih akurat oleh Ray Tracing.
 
Melihat Teknologi Ray Tracing pada NVIDIA RTX
 
“Dengan begitu lingkungan visual menjadi lebih hidup,” jelas Jeffrey. Refleksi yang akurat juga harus ada ketika satu objek bergerak.
 
“Ia harus bisa menghasilkan pergerakan bayangan yang sesuai dengan objek, baik itu bergerak secara bolak-balik, atau saat objek lain di sekitarnya bergerak.”
 
Aspek ketiga yang ingin ditekankan adalah refraksi. Ini mengacu pada pergerakan lebih dari satu objek, yang tetap memberikan efek optic yang sesuai.
 
Ketika ada beberapa objek bergerak sekaligus, misalnya puluhan bola kecil yang tumpah dari sebuah wadah, semua bola akan memberikan kesan yang sesuai, terlepas ketika mata pengguna tidak melihat beberapa bola itu.
 
NVIDIA kemudian memberikan contoh lain melalui video yang mereka beri nama Project Sol di bawah ini.
 
Skenario Project Sol adalah memperlihatkan pencahayaan dalam berbagai situasi visual, dengan objek yang mampu menghasilkan bayangan secara akurat, merefleksikan objek dengan detil, dan menampilkan refraksi yang sesuai.
 

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif