Asisten virtual Veronika dari Telkomsel.
Asisten virtual Veronika dari Telkomsel.

Layanan Asisten Virtual Veronika Terintegrasi Teknologi Azure OpenAI

Cahyandaru Kuncorojati • 27 September 2023 10:43
Jakarta: Telkomsel mengumumkan langkah untuk meningkatkan layanan pelanggan salah satunya dengan memanfaatkan asisten virtual Veronika di aplikasi MyTelkomsel. Layanan tersebut kini terintegrasi teknologi Microsoft Azure OpenAI Service.
 
Azure OpenAI Service memungkinkan Telkomsel untuk mengakses ChatGPT dan memanfaatkan Natural Language Processing (NLP) serta machine learning. Pemutakhiran Veronika ini dapat dinikmati di layanan Aplikasi MyTelkomsel.
 
Kemampuan Veronika terbaru tersebut membuka peluang untuk hadirnya proses interaksi yang lebih natural dan intuitif dengan para pelanggan, serta memberikan pengalaman layanan yang lebih nyaman dan personal.

“Sejak pertama kali dihadirkan Telkomsel pada tahun 2017, kanal layanan virtual Veronika berkomitmen untuk mempermudah pelanggan dalam memenuhi kebutuhan informasi hingga transaksi produk dan layanan Telkomsel,” ujar VP Customer Journey & Digital Experience Telkomsel, Danang Andrianto.
 
Dia menuturkan bahwa Veronika yang sejak awal hadir sebagai chatbot terus dikembangkan hingga memanfaatkan keunggulan teknologi Artificial Intelligence (AI). Kini dengan model ChatGPT lewat Azure OpenAI Service, kepandaian Veronika untuk menyediakan solusi yang akurat.
 
“Kami berharap, layanan asisten virtual Veronika yang semakin cerdas ini dapat menjadi solusi untuk semua kebutuhan layanan pelanggan, sekaligus dapat memberikan pengalaman gaya hidup digital yang melebihi ekspektasi seluruh pelanggan Telkomsel,” kata Danang.
 
Serangkaian bahasa pemrograman berbasis Natural Language Processing (NLP) dan machine learning yang kini diterapkan, memungkinkan Veronika untuk merespon dan berinteraksi dengan pelanggan secara lebih natural.
 
Veronika mampu merekomendasikan pilihan paket produk yang sesuai dengan profil kebutuhan pelanggan, memberikan product knowledge, serta menjawab permasalahan pelanggan dengan lebih cepat dan semakin akurat.
 
“Integrasi Telkomsel dengan Azure OpenAI Service menghadirkan respons yang lebih baik dan kontekstual kepada pelanggan,” tutur Fiki Setiyono, Country Lead Azure GTM, Microsoft ASEAN.
 
“Hal ini juga memungkinkan petugas customer-care untuk lebih fokus pada pertanyaan yang memerlukan penanganan solusi. Dengan demikian, produktivitas petugas customer-care dan tingkat kepuasan pelanggan pun dapat semakin meningkat,” jelasnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan