Chromebook dilaporkan akan segera dapat digunakan sebagai hotspot untuk jaringan LTE atau 5G.
Chromebook dilaporkan akan segera dapat digunakan sebagai hotspot untuk jaringan LTE atau 5G.

Chromebook Segera Bisa Jadi Hotspot LTE atau 5G

Lufthi Anggraeni • 26 Juli 2022 12:49
Jakarta: Perangkat Chromebook dengan konektivitas mobile dilaporkan akan segera dapat digunakan sebagai hotspot. Perubahan mendatang ini ditemukan oleh 9to5Google di Chromium Gerrit, sistem review kode berbasis web Google.
 
Sebagai informasi, Chromium Gerrit digunakan pengembang untuk mengembangkan update selanjutnya. Saat fitur ini tersedia untuk diuji, pengguna akan dapat mengaktifkannya via chrome://flags.
 
Mengutip The Verge, informasi detail soal kemampuan ini masih tergolong sedikit, dan pengembang menggambarkannya sebagai cara bagi Chromebook untuk berbagi koneksi internet seluler ke perangkat lain via WiFi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun setelah digulirkan, fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk menghubungkan ponsel, tablet, atau laptop ke jaringan mobile Chromebook. Di pasar Amerika Serikat, Verizon, AT&T, dan T-Mobile telah menawarkan lini Chromebook dalam jumlah terbatas yang dapat dibeli secara langsung di gerai operator seluler tersebut.
 
Perangkat Chromebook yang ditawarkan operator seluler tersebut akan segera memberikan pengguna akses ke jaringan mobile. Pengguna juga dapat menambahkan Chromebook ke paket yang telah digunakan atau menambahkan kartu SIM.
 
Pengguna telah dapat berbagi jaringan internet dari perangkat Windows 10 atau 11 yang terhubung via ethernet, WiFi, atau jaringan seluler. Sebagai pengingat, MacBook juga memiliki fitur berbagi internet, namun tidak tersedia model MacBook yang didukung opsi terhubung via konektivitas seluler.
 
Pemberian kemampuan ini pada Chromebook dinilai sejumlah pihak sebagai keputusan cerdas, mengingat perangkat ini umumnya memiliki daya tahan baterai lama atau kerap digunakan saat terhubung dengan soket listrik, artinya mendukung konektivitas lebih lama.
 
Namun, belum tersedia informasi menyoal daya yang dikonsumsi oleh fitur hotspot di Chromebook ini, meski diperkirakan akan bervariasi, bergantung pada perangkatnya. Untuk konsumen bisnis atau pengguna yang banyak menghabiskan waktu jauh dari WiFi, memiliki hotspot langsung di laptop berarti mengurangi kerumitan yang harus dihadapi.
 
Sebab umumnya, pengguna tersebut menggunakan ponsel secara sumber hotspot untuk dihubungkan ke laptop agar tetap dapat mengakses internet, dan akan berdampak pada konsumsi daya baterai ponsel yang cepat habis.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif