President Director Ericsson Indonesia, Jerry Soper, di acara Barcelona Unboxed
President Director Ericsson Indonesia, Jerry Soper, di acara Barcelona Unboxed

Manfaat 5G Bagi Operator di Indonesia Menurut Ericsson

Teknologi telekomunikasi ericsson
Cahyandaru Kuncorojati • 26 April 2019 07:32
Jakarta: Perusahaan penyedia solusi dan infrastuktur telekomunikasi, Ericsson, menggelar acara di Jakarta yang menyatakan kesiapan pihaknya mendukung adopsi jaringan 5G di Indonesia.
 
"Tahun ini 5G akan mulai benar-benar terasa, termasuk benefitnya. Di Indonesia kami mendorong operator untuk mempersiapkan jaringan 5G," jelas President Director Ericsson Indonesia, Jerry Soper.
 
Dalam acara "Barcelona Unboxed", pihak Ericsson tidak hanya memamerkan solusi 5G yang diimplementasikan di Barcelona, Spanyol, tapi juga menjabarkan benefit dari 5G bagi Indonesia. Soper memaparkan benefit tersebut sebagai jawaban atas problem yang ditemukan sebelum 5G hadir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Manfaat 5G Bagi Operator di Indonesia Menurut Ericsson
 
"Ada tiga pain points yang kami temukan dan kemudian benefit yang diterima setelah 5G tersedia di Indonesia. Pertama, mendorong pertumbuhan angka konsumsi layanan data. Kebutuhan layanan data memang meningkat drastis di jaringan 4G tapi harga layanannya masih mahal," tutur Soper.
 
Menurutnya dengan kecepatan koneksi jaringan 5G yang lebih tinggi dibandingkan 4G maka tarif layanan data bisa lebih murah. Pertumbuhan layanan data akan sangat cepat dan besar. "Harga data per GB bisa lebih murah 10 kali lipat dibandingkan saat ini," ucap Soper.
 
Pain points kedua menurut Soper adalah 5G mampu membantu operator menekan biaya operasional sekaligus berfokus memberikan pengalaman layanan yang lebih baik.
 
"5G bisa mendukung otomatisasi di banyak bidang bisnis operator, jadi biaya yang dikeluarkan untuk operasional bisa lebih efisien. Operator juga bisa berfokus lebih banyak kepada konsumen," ungkap Soper. Dari hal ini masuk ke benefit ketiga dari 5G yaitu hadirnya sumber pendapatan baru yang ikut tumbuh pesat.
 
Manfaat 5G Bagi Operator di Indonesia Menurut Ericsson
 
Sopper menjelaskan bahwa selama ini operator sulit menjaga pertumbuhan pendapatan mereka, Kehadiran 5G justru dinilai bisa membuka bisnis baru yang menjadi sumber pendapatan baru.
 
Artinya, operator bisa tidak hanya mengandalkan core bisnis mereka yaitu di layanan data, telepon, apalagi SMS yang selama ini jadi andalan utama.
 
"Di tahun 2024 nanti 5G akan berkontribusi terhadap pertumbuhan trafik mobile data hingga lima kali lipat dari tahun ini. 25 persen trafik mobile data akan berasal dari jaringan 5G," ucap Soper dalam presentasinya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif