Dana Resmi Tawarkan Layanan via Aplikasi Mandiri

Lufthi Anggraeni 05 Desember 2018 20:17 WIB
teknologi
Dana Resmi Tawarkan Layanan via Aplikasi Mandiri
Dana meresmikan kehadiran layanannaya melalui aplikasi mandiri.
Jakarta: Dana meresmikan kehadirannya sebagai dompet digital berkonsep open platform yang menawarkan layanan via aplikasi mandiri. Sebelumnya, layanan Dana dapat dinikmati pengguna melalui sejumlah situs e-commerce dan aplikasi lain.

Sebagai dompet digital, Dana bertujuan membantu perekonomian digital Indonesia, dengan menghadirkan kemudahan dalam bertransaksi atau melakukan pembayaran baik secara langsung maupun online.

“Kami di Dana memahami kunci keberhasilan Indonesia 4.0 adalah pada tingkat inklusi teknologi digital. Sehingga kreativitas, inovasi, efisiensi, dan produktivitas dapat dimanfaatkan secara optimal, dan dapat terselenggara denga tingkat keamanan tinggi,” ujar CEO Dana Vince Iswara.


Dana mengunggulkan kesederhanaan yang dihadirkan platformnya, memungkinkan pengguna untuk memahami cara penggunaan layanan dengan cepat. Tidak hanya untuk menggantikan uang menjadi digital, Dana juga menawarkan kemampuan untuk menggantikan dompet.

Sebab, pada layanannya, pengguna dapat mengintegrasikan kartu debit dan kredit dengan menyimpan informasi nomor kartu, sehingga pengguna dapat memanfaatkan layanan Dana tanpa perlu melakukan top up saldo di aplikasi.

Dana mengklaim layanannya lebih aman jika dibandingkan dengan aplikasi teknologi finansial lain. Sebab, jelas Vince, setiap transaksi yang melibatkan layanan dan aplikasi Dana telah melalui proses enkripsi.

Layanan Dana juga disebut cerdas, sebab memiliki sistem yang bertugas untuk menganalisa data transaksi pada aplikasi.

Tidak hanya untuk menyuguhkan pengalaman lebih baik, sistem analisis ini diklaim mampu mendeteksi permasalahan, termasuk kesalahan penarikan uang dari saldo atau kartu, sehingga dapat segera dikembalikan.

Aplikasi Dana dilengkapi dengan empat fitur, yaitu Pindai, Isi Saldo, Kirim dan Minta. Fitur Pindai memungkinkan pengguna melakukan pembayaran dengan cara memindai kode QR pedagang mitra Dana.

Sedangkan Isi Saldo memungkinkan pengguna menambah saldo yang disimpan di dompet Dana melalui jaringan bank di Indonesia, seperti BCA, Mandiri, BNI, dan lainnya. Pengguna Dana juga dapat mengirimkan uang via aplikasi kepada pengguna lain.

Namun, pengirim baru bisa mengirimkan uang setelah berhasil menyelesaikan proses verifikasi. Sedangkan pada fitur Minta, Dana menyebut penerima dapat meminta uang kepada akun tertentu, dan penerima tidak perlu melakukan proses verifikasi via KTP atau Kartu Keluarga.

Vince menyebut Dana menargetkan untuk menjadi layanan teknologi finansial nomor satu di Indonesia pada tahun 2019 mendatang.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.