iPhone 5G Pertama Rilis 2020?
Apple dilaporkan akan merilis iPhone 5G pertamanya pada tahun 2020 mendatang, bukan pada tahun 2019.
Jakarta: Persaingan 5G semakin intensif, sebab sejumlah operator seluler di Amerika Serikat mulai berinvestasi secara besar. Sementara produsen bersiap memperkenalkan rangkaian smartphone yang mendukung konektivitas tersebut.

Apple tidak akan termasuk dalam rangkaian produsen yang memperkenalkan smartphone dengan dukungan jaringan 5G pda tahun 2019 mendatang. Menurut laporan Fast Company, iPhone 5G pertama Apple akan diperkenalkan pada tahun 2020.

Mengutip sumber yang enggan disebutkan namanya dan mengetahui rencana Apple, majalah asal Amerika Serikat ini mengklaim bahwa modem Intel 10 nanometer 8161 akan secara eksklusif digunakan pada lini terbaru Apple di masa mendatang tersebut.


Raksasa teknologi ini juga telah menggunakan modem dari Qualcomm dan Intel sejak 2016 lalu, dan Apple dilaporkan telah memutuskan kerja sama dengan Qualcomm. Pengujian terbaru yang dilaporkan dilakukan pada chip Intel 8060, dan hasil pengujian tersebut tidak mengesankan.

Intel dilaporkan tengah berusaha keras dalam mengurangi pembuanga panas dengan komponen-komponen ini. Sejumlah operator Amerika Serikat masih akan mengandalkan penggunaan gelombang milimeter, spektrum radiasi elektromagnetik antara 30 hingga 300GHz, untuk jaringan 5G.

Band ini cukup menuntut, dan unit pengujian saat ini dengan model 8060 memiliki masalah dengan akumulasi panas, menyebabkan efek negatif pada usia baterai. Sumber yang dikutip  menyebut bahwa Intel percaya bahwa perusahaannya mampu menyelesaikan permasalahan ini tepat waktu.

Apple menggandeng MediaTek sebagai pemasok chip alternatif jika permasalahan yang dialami Intel tidak selesai tepat waktu. Sebagai perbandingan, produsen smartphone seperti Samsung, Huawei, dan Xiaomi akan menggunakan modem Qualcomm X50 5G, diperkirakan tidak menyebabkan panas seperti modem Intel.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.