Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Kominfo Gandeng BSSN Lacak Dugaan Kebocoran Data Pasien Covid-19

MetroTV • 07 Januari 2022 12:59
Jakarta: Dugaan kebocoran data pasien Covid-19 milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali terjadi. Sebanyak enam juta data yang berisi rekam medis pasien dijual di forum gelap atau raid forum.
 
Direktur Jenderal Kementerian Informasi dan Komunikasi Publik, Usman Kansong, menegaskan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) telah melakukan penyidikan secara internal dugaan kasus tersebut bersama Kemenkes baik dari sisi teknologi maupun Sumber Daya Manusia (SDM). Kominfo berharap Kemenkes berkoordinasi bersama pihak Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
 
"Kami meminta BSSN untuk mengawasi keamanan data. Sehingga nanti akan diketahui apa penyebabnya,” jelas Usman dalam tayangan program Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Jumat, 7 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kominfo dan Kemenkes Usut Dugaan Kebocoran Data Pasien Covid-19
 
Mantan Direktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf itu menambahkan secara teknis dan aturan keamanan data menjadi tugas Kemenkes. Sedangkan, Kominfo bertugas mengawasi, mengontrol, dan memastikan pengelolaan data milik lembaga negara, kementerian, maupun swasta.
 
Kebocoran data pasien covid-19 meliputi nomor induk kependudukan (NIK), data keluhan utama, diagnosis, pemeriksaan klinis, identitas rujukan, pemeriksaan penunjang, hingga rencana perawatan. Termasuk data lengkap identitas pasien seperti alamat rumah, tanggal lahir, dan nomor ponsel. Tak hanya itu, pengunggah juga memberikan sampel medis dengan keterangan data yang bocor dan tanggal unggahan. (Monique Handa Shafira)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif