Foxconn Ingin Produksi Kamera Digital 8K

Cahyandaru Kuncorojati 14 Februari 2018 11:00 WIB
foxconn
Foxconn Ingin Produksi Kamera Digital 8K
Bos besar pabrik iPhone, Foxconn, Terry Gou.
Jakarta: Mitra Apple dalam perakitan iPhone, Foxconn atau Hon Hai Precision Industry, berminat merambah ke produksi kamera digital.

Hal ini diungkapkan beberapa hari lalu oleh Chairman Foxconn Terry Gou. Kabarnya merek kamera RED Digital Cinema akan digandeng untuk menciptakan kamera digital beresolusi 8K dengan harga yang lebih terjangkau.

"Kami akan mencitakan kamera dengan kualitas profesional beresolusi 8K dengan harga seperti lebih murah dan ukuran sepertiga lebih kecil dari yang ada saat ini," ungkap Gou.


Disebut bahwa langkah ini diambil bersamaan dengan keputusan Foxconn membangun fasilitas produksi panel layar di Amerika Serikat dan Tiongkok, namun pihaknya sempat menyebutkan bahwa permintaan akan smartphone sedang lesu.

Nikkei Asia mengabarkan, Foxconn berusaha mengurangi ketergantungan bisnisnya pada hampir lebih dari 50 persen penjualan produk Apple. Kamera yang akan dibuat nantinya ditujukan untuk kebutuhan profesional seperti pembuatan film.

Menurut Gou, dirinya melihat bisnis film dan tayangan serial televisi semakin populer dan resolusi 8K adalah standar resolusi gambar dalam tayangan televisi digital serta sinematografi sedangkan kamera 8K buatan RED saat ini masih dibanderol mahal yaitu USD30.000 (Rp409 juta).

Tidak hanya itum Gou menuturkan Foxconn juga siap menggandeng Sharp sebagai chip sensor visual untuk bisa menciptakan semikonduktor yang terjangkau untuk kameranya nanti. 

Foxconn berencana menggandeng banyak perusahaan teknologi untuk bisa menciptakan perangkat kamera digital profesional dengan harga semurah mungkin.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.