Facebook baka merilis Libra pada tahun depan.
Facebook baka merilis Libra pada tahun depan.

Facebook Bakal Rilis Mata Uang Kripto Libra Tahun Depan

Teknologi media sosial facebook cryptocurrency
Ellavie Ichlasa Amalia • 19 Juni 2019 09:32
Jakarta:Facebook akan meluncurkan Libra, mata uang digital, pada tahun depan. Bersamaan dengan itu, Facebook juga akan meluncurkan jaringan berbasis blockchain untuk mendukung Libra.
 
Berbeda dengan Bitcoin, yang merupakan aset spekulatif, Libra merupakan uang digital yang didukung oleh cadangan aset di dunia nyata, menurut laporan The Verge.
 
Nantinya, Anda akan bisa menggunakan Libra untuk melakukan pembayaran baik secara online ataupun offline, ungkap eksekutif Facebook. Namun, pada awalnya, Libra utamanya akan digunakan untuk mengirimkan uang. Libra ditujukan untuk warga negara berkembang yang tak mendapatkan akses ke layanan perbankan tradisional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada akhirnya, tujuan dari Libra adalah untuk menciptakan cryptocurrency yang digunakan banyak orang, sebuah sistem pembayaran tak terpusat yang nilainya stabil layaknya dollar dan bisa digunakan untuk membeli berbagai produk. Libra juga diharapkan akan bisa digunakan untuk mendukung berbagai layanan finansial, mulai dari kredit hingga pinjaman.
 
Facebook Bakal Rilis Mata Uang Kripto Libra Tahun Depan
 
Meskipun Facebook mengembangkan Libra, mereka berencana untuk melepaskan cryptocurrency itu ke komunitas yang lebih besar. Saat ini, perusahaan media sosial itu telah membuat lembaga nirlaba Libra Association dengan 27 rekan yang akan mengawasi pengembangan Libra.
 
Rekan-rekan Facebook ini berasal dari beragam industri, mulai dari perusahaan modal ventura, organisasi nirlaba, perusahaan crypto, perusahaan telekomunikasi, finansial, dan lain sebagainya. Beberapa rekan Facebook antara lain Mastercard, Visa, eBay, PayPal, Spotify, Uber, dan Vodafone.
 
Semua perusahaan ini akan berkontribusi pada apa yang disebut Libra Reserve, cadangan aset yang akan memastikan bahwa setiap unit Libra memiliki nilai nyata di dunia nyata.Satu hal lain yang membedakan Libra dengan cryptoccurrency seperti Bitcoin adalah proses menambangnya tidak memakan daya sangat besar.
 
Jika Libra sukses, ini bisa jadi produk Facebook yang memiliki dampak sangat besar. Libra bisa jadi alternatif dari sistem perbankan tradisional, khususnya bagi orang-orang di negara berkembang seperti Indonesia.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif