Huawei memulai penelitian pada solusi jaringan 6G di laboratorium di Ottawa, Kanada.
Huawei memulai penelitian pada solusi jaringan 6G di laboratorium di Ottawa, Kanada.

Huawei Mulai Penelitian 6G di R&D di Kanada

Teknologi huawei
Lufthi Anggraeni • 15 Agustus 2019 09:28
Jakarta: Saat sebagian besar operator seluler masih berkutat di tahap awal pengaplikasian jaringan 5G miliknya, Huawei telah memulai penelitian pada solusi jaringan generasi keenam di laboratorium yang berlokasi di Ottawa, Kanada.
 
Menurut laporan GSM Arena, Huawei tengah bekerja sama dengan lebih dari 13 universitas dan institut penelitian terkait dengan jaringan 6G dan peluang pengaplikasiannya. Berdasarkan prediksi Huawei, teknologi 6G belum dapat tersedia secara komersial sebelum tahun 2030.
 
Pada awal tahun 2019, pemberitaan yang beredar menyebut bahwa Samsung juga telah melakukan sejumlah upaya serupa terkait dengan jaringan 6G di pusat penelitiannya, di Seoul, Korea Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sehingga keputusan Huawei untuk ikut memulai proses penelitian jaringan 6G dan menjadi perusahaan pertama yang mengembangkan generasi selanjutnya dari konektivitas mobile ini tidak mengejutkan.
 
Pada bulan Juni lalu, Nokia, Ericsson dan SK Telecom mengumumkan kerja sama strategis mereka terkait dengan kesepakatan untuk mengembangkan jaringan 6G. Secara keseluruhan, semua proses pengembangan ini masih dalam tahap awal sebab hingga saat ini belum tersedia standar jelas untuk jaringan tersebut.
 
Dan seluruh penelitian terkait jaringan 6G masih dalam tahap pengembangan teoritis dan belum mencapai proses praktis. Sementara itu setelah mengumumkan kehadiran EMUI 10 pada 10 Agustus lalu, Huawei mengungkap P30 dan P30 Pro sebagai perangkat pertama penggunanya.
 
Kedua ponsel unggulan ini akan menerima EMUI 10 versi beta pertama, yang dijadwalkan akan meluncur pada tanggal 8 September mendatang. Sedangkan lini Mate 20 juga akan memperoleh update EMUI 10 ini pada akhir bulan September.
 
Antarmuka pengguna baru Huawei ini menawarkan fitur utama, yaitu perlindungan terhadap privasi yang lebih baik. Peningkatan lain yang dihadirkan Huawei pada EMUI 10 termasuk kemampuan untuk mengirimkan gambar dari satu perangkat ke perangkat lain selama proses panggilan telepon berlangsung, termasuk saat melakukan siaran langsung dari drone.
 
Huawei mengaku akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan stabilitas antarmuka pengguna ini, untuk kemudian diluncurkan di unit perangkat karyanya di seluruh dunia. Huawei Mate 30 Series akan menjadi perangkat internasional pertama dengan dukungan EMUI 10 versi stabil.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif