CEO Huawei klaim OS-nya lebih baik dari Android. (Photo by Nicolas ASFOURI / AFP)
CEO Huawei klaim OS-nya lebih baik dari Android. (Photo by Nicolas ASFOURI / AFP)

Bos Huawei Klaim Hong Meng Lebih Cepat dari Android

Teknologi huawei
Ellavie Ichlasa Amalia • 08 Juli 2019 16:18
Jakarta:Pada akhir Juni, Presiden Amerika Serikat Donald Trump berkata bahwa dia akan mengendorkan larangan dagang perusahaan AS dengan Huawei, perusahaan asal Tiongkok.
 
Sayangnya, masih belum diketahui kapan hal ini akan berlaku, mengingat Departemen Perdagangan masih diminta untuk memperlakukan Huawei layaknya perusahaan dalam daftar hitam.
 
Ini berarti, Huawei tidak bisa menggunakan Android buatan Google. Huawei memang telah mengembangkan sistem operasi sendiri. Dan tampaknya, pendiri dan CEO Huawei, Ren Zhengfei, memang akan berhenti menggantungkan diri pada Google.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Belum lama ini, Zhengfei berbicara dengan media Prancis, Le Point, tentang Hong Meng OS, sistem operasi Huawei. Zhengfei berulang kali berkata, Hong Meng OS "kemungkinan" akan lebih cepat dari Android.
 
Dia menyebutkan bahwa GlobalTimes, media Tiongkok yang beroperasi di bawah pemerintah, mengaku OS buatan Huawei 60 persen lebih cepat, lapor CNET.
 
Sementara Zhengfei membanggakan bahwa Hong Meng didesain untuk bisa menghubungkan banyak perangkat, termasuk ponsel, mobil, dan data center, dia mengaku bahwa Huawei memang masih belum memiliki toko digital semumpuni Play Store milik Google atau App Store milik Apple. Kini, Huawei tengah mengembangkan alternatif dari toko digital itu.
 
Zhengfei berkata, terlepas dari apakah Huawei akan dikeluarkan dari daftar hitam AS, perusahaan akan tetap mengembangkan OS mereka. Meskipun beberapa ponsel Huawei masih menggunakan chip buatan Qualcomm, ponsel flagship mereka menggunakan prosesor Kirin buatan Huawei.
 
Keputusan pemerintah AS untuk mengisolasi Huawei tampaknya justru membuat perusahaan itu menjadi semakin mandiri. Jika, mereka memang dapat membuat OS yang dapat menyaingi Android.
 
"Hari ini, kami masih berkomitmen untuk menggunakan Microsoft Windows dan Google Android. Tapi, jika kami tidak bisa menggunakan keduanya, kami akan menyiapkan rencana B untuk menggunakan OS kami sendiri," kata juru bicara Huawei.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif