Apple mendominasi pasar headset TWS selama tahun 2019 dengan pangsa pasar 54,4 persen.
Apple mendominasi pasar headset TWS selama tahun 2019 dengan pangsa pasar 54,4 persen.

Apple Dominasi Pasar Headset True Wireless pada 2019

Teknologi teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 16 Januari 2020 08:06
Jakarta: Data yang dirilis Strategy Analytics mengungkap bahwa hingga saat ini, Apple merupakan pemain terbesar di ranah True Wireless Headset (TWS). Sebagai informasi, TWS adalah kategori headset tanpa kabel penghubung di masing-masing earbud.
 
Perusahaan berbasis di Cupertino ini mengapalkan sebanyak 58,7 juta AirPods selama tahun 2019 lalu, artinya satu dari dua headset TWS yang terjual pada tahun 2019 merupakan perangkat karya Apple.
 
Jumlah tersebut mengganjar Apple dengan pangsa pasar sebesar 54,4 persen. Tidak hanya itu, mengutip GSM Arena, Apple juga mendominasi 71 persen dari total pendapatan di pasar TWS di seluruh dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Xiaomi menduduki peringkat kedua dengan jumlah perangkat yang dijualnya selama tahun 2019 sebanyak 9,1 juta, mengganjar perusahaan asal Tiongkok ini dengan pangsa pasar sebesar 8,5 persen.
 
Xiaomi berada tepat di depan Samsung, yang dapat menjual 7,4 juta unit Galaxy Buds selama tahun 2019, memberikannya pangsa pasar sebesar 6,9 persen. Strategy Analytics meyakini bahwa pasar headset TWS akan bertumbuh 10 kali lipat pada tahun 2024, dalam hal jumlah unit yang dikapalkan.
 
Selain itu, Strategy Analytics juga memprediksi jumlah pendapatan yang dihasilkan kategori produk ini akan meningkat menjadi lebih dari USD100 milar (Rp1.367 triliun) pada tahun 2024 mendatang. Hal ini disebut Strategy Analytics menjadi pertumbuhan penting di masa mendatang.
 
Sebagai perbandingan, pasar gaming global mencapai pendapatan sebesar lebih dari USD120 (Rp1.640 triliun) miliar pada tahun 2019, sekitar USD65 miliar (Rp888,5 triliun) berasal dari ranah game perangkat mobile.
 
Sementara itu, pada daftar yang telah disusun oleh Strategy Analytics, posisi empat hingga 14 ditempati oleh JBL, Huawei, Beats, Jabra, Bose, Jlab, Sony, Amazon, Skullcandy, Jaybird, dan realme. Sebelumnya, European Union (EU) dilaporkan berencana untuk memaksa Apple mengganti konektor Lightning dengan USB-C.
 
Anggota parlemen Eropa saat ini dilaporkan tengah berdiskusi terkait port standar untuk smartphone, tablet dan perangkat portabel lain, yang ditujukan untuk mengurangi sampah dan meningkatkan kenyamanan penggunanya.
 
Dengan demikian, sejumlah anggota European Parliament kini tengah berupaya untuk mengesahkan undang-undang yang akan memaksa perusahaan untuk hanya menggunakan satu port di wilayah yang dinaunginya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif