Lei Jun mengundurkan diri dari jabatan sebagai Presiden Xiaomi Tiongkok.
Lei Jun mengundurkan diri dari jabatan sebagai Presiden Xiaomi Tiongkok.

Lei Jun Lepas Jabatan Presiden Xiaomi

Teknologi teknologi xiaomi
Lufthi Anggraeni • 03 Desember 2019 14:09
Jakarta: Direktur Utama dan Co-Founder Xiaomi Lei Jun mengundurkan diri dari jabatan sebagai Presiden Xiaomi Tiongkok. Dalam surat internal, Xiaomi memberitahukan pegawai terkait perubahan besar di jajaran direksi.
 
Lu Weibing, kepada sub-merek Xiaomi, Redmi, akan menggantikan Lei Jun sebagai Presiden Xiaomi Tiongkok. Perubahan besar lain melibatkan mantan Presiden Lin Bin, yang dipromosikan sebagai Vice President Xiaomi.
 
Selain itu, CFO Zhou Capital juga dipromosikan menjadi President International Business Xiaomi. Dalam surat internal, Lei Jun mengungkap bahwa tahun 2020 mendatang akan menjadi tahun menantang bagi bisnis 5G Xiaomi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lei Jun juga menyebut tahun depan akan menjadi tahun kunci bagi aktivitas Xiaomi dalam mempromosikan ponsel mobile dan AIoT karyanya. Hal ini, lanjut Lei Jun, melandasi pemikirannya bahwa Xiaomi membutuhkan dukungan manajemen grup lebih kuat.
 
Dukungan ini ditujukan untuk meneruskan semangat inovasi organisasional, melalui semangat yang diusung oleh jajaran direksi baru tersebut. Menurut laporan keuangan Q3 lalu, pendapatan bisnis smartphone Xiaomi mengalami penurunan sebesar 7,8 persen jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu, akibat perlambatan penjualan di pasar Tiongkok.
 
Sedangkan menurut laporan yang dirilis oleh perusahaan analitik Canalys, pangsa pasar Xiaomi mengalami penurunan hingga sembilan persen dari 13,1 persen pada periode yang sama pada tahun sebelumnya.
 
Raksasa teknologi ini mencatat pertumbuhan sebesar 5,5 persen per tahun, merupakan yang paling lambat setelah Xiaomi mendaftarkan perusahaannya di bursa efek Hong Kong pada tahun 2018 lalu.
 
Kepemimpinan baru ini masih membutuhkan waktu untuk membuktikan kemampuan mereka dalam menghadapi persaingan yang dihadirkan oleh kompetitor seperti Huawei, Vivo, dan Oppo, sehingga Xiaomi dapat kembali ke masa keemasannya sebagai produsen smartphone Tiongkok terbaik.
 
Sebelumnya, co-founder dan president Xiaomi Lin Bin mengonfirmasi bahwa ponsel unggulan lini Mi selanjutnya akan segera meluncur. Pada kolom komentar di bawah unggahan Mi 9 Pro, Lin Bin membalas komentar penggemar menyebut bahwa Mi 10 Pro selanjutnya akan menjadi penerus Mi 9 Pro.
 
Lin Bin tidak mengungkap informasi lain terkait dengan perangkat unggulan Mi terbaru ini, namun informasi tersebut merupakan konfirmasi resmi pertama yang diberikan oleh perusahaan asal Tiongkok ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif