Facebook mengonfirmasi akan meluncurkan tab khusus berita pada musim gugur ini.
Facebook mengonfirmasi akan meluncurkan tab khusus berita pada musim gugur ini.

Ingin Tetap Relevan, Facebook Siapkan Tab Khusus Berita

Teknologi media sosial facebook
Lufthi Anggraeni • 12 Agustus 2019 08:41
Jakarta: Facebook tengah mendekati penerbit besar dengan harapan memperoleh lisensi untuk menerbitkan berita dan konten lainnya. Facebook dilaporkan menawarkan hingga USD3 juta (Rp42,5 miliar) per tahun untuk hak lisensi sejumlah outlet berita.
 
Sejumlah penerbit yang tengah dalam tahan diskusi dengan Facebook, dilaporkan Wall Street Journal, termasuk ABC News milik Disney, induk perusahaan WSJ, Dow Jones, dan The Washington Post.
 
Menurut laporan, Facebook berencana untuk menghadirkan artikel dari penerbit sebagai bagian dari kolom berita khusus yang akan diluncurkannya pada musim gugur ini. Penerbit dapat menandatangani kesepakatan setidaknya selama tiga tahun untuk beberapa kasus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan demikian, penerbit akan dapat mengendalikan cara artikel muncul di Facebook dan kemampuan pembaca membaca artikel, seperti hanya headline dan sejumlah teks, sebelum dialihkan ke situs penerbit.
 
Persyaratan yang diajukan Facebook bertolak belakang dengan pendekatan Apple pada Apple News Plus, layanan berlangganan baru Apple yang terfokus pada majalah. Layanan ini dikabarkan menawarkan pembagian pendapatan yang meragukan dan metrik pembayaran yang buruk.
 
Kabar ini menyebabkan sejumlah pelaku industri media untuk memberikan peringatan kepada pelaku media lain untuk tidak bergabung dengan bisnis berita milik raksasa teknologi berkantor pusat di Cupertino, California, Amerika Serikat tersebut.
 
Hasil kesuksesan diskusi Facebook ini dapat menjadi kebangkitan kembali upaya memanfaatkan trafik Facebook sebagai rujukan bagi penerbit berita dan perusahaan media, sebelum popularitasnya mulai mengalami penurunan.
 
Terkait dengan laporan WSJ, Facebook mengonfirmasi kepada CNBC bahwa perusahaan akan meluncurkan tab berita khusus baru pada musim gugur ini. Upaya ini akan menjadi salah satu evolusi pendekatan Facebook terhadap berita.
 
Baru-baru ini Facebook mempromosikan konten lokal dan mengabaikan rencana untuk memindahkan penerbit ke feed terpisah di aplikasi mobile karyanya. Sedangkan usaha sebelumnya termasuk kesepakatan dengan penerbit untuk membuat video di platform Facebook Live.
 
Facebook juga melakukan kesepakatan dengan perusahaan media dan hiburan untuk memberikan lisensi konten dan menciptakan konten orisinal untuk platform Watch. Facebook juga menciptakan platform Instant Article meski kemudian dihentikan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif