Qualcomm dikabarkan mempersiapkan Snapdargon 735 yang akan mendukung konektivitas jaringan 5G.
Qualcomm dikabarkan mempersiapkan Snapdargon 735 yang akan mendukung konektivitas jaringan 5G.

Snapdragon 735 Jadi Pendorong Ponsel 5G Terjangkau

Teknologi teknologi qualcomm internet of things
Lufthi Anggraeni • 23 Oktober 2019 10:10
Jakarta: Saat semua mata mengarah pada Snapdragon menantikan kehadiran SoC unggulan generasi terbarunya, Snapdragon 865 Mobile Platform, rumor yang beredar justru lebih mengarah pada lini Snapdragon 700.
 
Rumor yang beredar menyebut Qualcomm tengah mempersiapkan chipset terbaru di lini Snapdragon 700, disebut sebagai Snapdragon 735 dengan nomor kode SM7250. Dirancang oleh Qualcomm, namun Snapdragon 735 ini akan diproduksi oleh Samsung, memanfaatkan proses 7nm EUV LLP atau Low Power Plus.
 
Sebagai informasi, semakin rendah nomor proses, semakin tinggi jumlah transistor yang dapat disematkan dalam sirkuit terintegrasi. Dengan menambahkan jumlah transistor, chip akan lebih bertenaga namun lebih efisien menyoal konsumsi energi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada tahun 2020 mendatang, baik Samsung maupun TSMC akan memulai proses produksi chip 5nm di lini produksinya.
 
Sementara itu EUV merupakan singkatan dari Extreme Ultraviolet Lithography, teknologi yang memungkinkan menandai chip untuk penyematan transistor lebih akurat, sehingga lebih banyak transistor yang dapat terbenam di chip.
 
Snapdragon 735 juga dirumahkan berbekal delapan inti yang didampingi oleh sepasang inti Cortex-A76, bertugas menangani tugas berat. Sedangkan enam inti Cortex-A55 bertugas menangani tugas lebih ringan.
 
Inti Cortex-A55 ini dilaporkan berkecepatan 1.73GHz dan dua inti berperforma tinggi berkecepatan 2.26GHz dan 2.32GHz. Jika rumor ini benar, maka Snapdragon 735 akan berbekal GPU Adreno 620 dan mendukung RAM 128GB dan perekaman video 4K pada 60fps.
 
Rumor lain menyebut bahwa Snapdragon 735 ini siap mendukung konektivitas jaringan 5G, sehingga artinya jaringan 5G ini akan tersedia di lebih banyak perangkat dengan penawaran harga terjangkau.
 
Namun Qualcomm belum mengumumkan informasi resmi terkait dengan komponen ini. Snapdragon 735 akan menggantikan Snapdragon 730 yang diproduksi menggunakan proses 8nm dan didukung oleh GPU Adreno 618.
 
Sejumlah fitur pada chip saat ini, seperti dukungan untuk standar Wi-Fi 6 baru dan Qualcomm AI Engine multi-core, juga diyakini sejumlah pihak akan mendukung chipset Snapdragon 735. Pada awal tahun 2019, Qualcomm mengungkap akan menghadirkan dukungan 5G pada lini chipset kelas menengah yaitu seri 700 dan dan seri 600.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif