Pengapalan smartwatch mengalami peningkatan pada Q3 2019, namun masih dipimpin oleh Apple Watch.
Pengapalan smartwatch mengalami peningkatan pada Q3 2019, namun masih dipimpin oleh Apple Watch.

Pengapalan Smartwatch Global Tumbuh 42% di Q3

Teknologi teknologi apple hardware
Lufthi Anggraeni • 08 November 2019 14:44
Jakarta: Penjualan smartphone tengah berada dalam fase stagnan, kondisi berbeda dialami oleh smartwatch yang justru mengalami peningkatan, seperti yang diungkapkan oleh data terbaru Strategy Analytics.
 
Data ini menyebut bahwa kategori smartwatch berhasil mengapalkan sebanyak 14 juta unit perangkat selama kuartal ketiga tahun 2019 ini. Angka ini mewakili pertumbuhan sebesar 42 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018 lalu.
 
Juga berdasarkan data Strategy Analytics menyebut bahwa Apple Watch masih mendominasi kategori ini, dengan perolehan pangsa pasar sebesar 47,9 persen dan berhasil mengapalkan sebanyak 6,8 juta unit di seluruh dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengekor di belakang Apple Watch, terdapat Samsung yang kini merengkuh pangsa pasar sebesar 13,4 persen, dan mengapalkan sebanyak 1,9 juta unit jam tangan cerdas selama Q3 tahun 2019.
 
Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini juga mencatatkan pertumbuhan per tahun terbesar dalam hal pengapalan smartwatch, dengan peningkatan sebesar 73 persen. Sementara itu, Fitbit yang baru-baru ini diakuisisi oleh Google menempati posisi ketiga.
 
Fitbit menguasai pangsa pasar sebesar 11,3 persen dan mengapalkan sebanyak 1,6 juta unit smartwatch pada Q3 2019. Namun sejumlah pihak mengaku tertarik melihat performa Fitbit setelah diakuisisi oleh Google.
 
Sementara itu, Apple juga telah mulai mempersiapkan smartphone terbarunya, iPhone 12. Ponsel cerdas yang akan dirilis pada tahun 2020 mendatang ini digadang akan mengusung perubahan desain signifikan jika dibandingkan dengan iPhone generasi sebelumnya.
 
Namun perubahan desain ini dirumorkan serupa dengan desain model iPhone keluaran 10 tahun lalu, yaitu iPhone 4. iPhone 12 diprediksi akan menghadirkan kesan baru dan berbeda. Pada generasi ini, Apple dirumorkan akan beralih dari kontur lebih mulus dari model saat ini, ke estetika desain lebih tebal dan lebih tajam.
 
Sementara itu, rumor lain menyebut bahwa iPhone keluaran tahun 2020 akan didukung modem 5G X55 karya Qualcomm. SoC karya Apple yaitu A14 juga akan diperkenalkan pada tahun depan, via iPhone 5G yang disebut akan menggunakan proses pabrikasi 5nm.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif