Ilustrasi.
Ilustrasi.

Gangguan IndiHome dan Telkomsel Teratasi, Ini Penyebabnya

Teknologi internet Telkom telekomunikasi indihome
Cahyandaru Kuncorojati • 20 September 2021 16:34
Jakarta: Sejumlah pengguna internet fixed broadband IndiHome bahkan operator seluler (mobile broadband) Telkomsel beberapa hari lalu mengeluhkan layanan yang bermasalah. Kabar ini disampaikan oleh mereka lewat media sosial bahkan kata kunci Indihome dan Telkomsel sempat menjadi Trending Topic di Twitter.
 
Puncaknya kemarin malam pihak Telkomsel lewat VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengaku bahwa pihaknya bersama TelkomGroup sedang berusaha menemukan penyebabnya.
 
“Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segera menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala,” tulis Denny dalam informasi yang diterima Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak IndiHome akhirnya memberikan jawaban, mereka menyatakan gangguan ada di sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak sejak pukul 17.33 WIB. Hal ini berdampak ke penurunan layanan fixed broadband sekaligus mobile broadband dari Telkom Group di sejumlah wilayah Indonesia.
 
“Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan,” tuis SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza dalam pernyataan yang dibagikan ke media.
 
Kini dari pantauan Medcom.id layanan internet dari Indihome dan Telkomsel sudah normal karena sudah berangsur pulih sejak kemarin malam Penyedia layanan menyatakan bahwa tindakan yang dilakukan ternyata berhasil mengatasi masalah tersebut namun masih dibutuhkan perbaikan lebih lanjut pada infrastruktur yang bermasalah.
 
“Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado,” jelas VP Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono.
 
Dia menyebutkan bahwa gangguan terjadi di titik 1,5 kilometer lepas pantai Batam di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut. Pihaknya menyatakan bahwa saat ini TelkomGrop akan menyiapkan upaya perbaikan sambil menjaga kualitas layanan tetap optimal.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif