?Indosat Ooredoo dan Tri Indonesia resmi mengumumkan penggabungan bisnis atau merger.
?Indosat Ooredoo dan Tri Indonesia resmi mengumumkan penggabungan bisnis atau merger.

Indosat Ooredoo dan Tri Indonesia Resmi Bergabung

Teknologi Indosat Ooredoo telekomunikasi
Lufthi Anggraeni • 17 September 2021 09:01
Jakarta: Induk perusahaan Indosat Ooredoo atau Ooredoo Q.P.S.C (Ooredoo) dan 3 Indonesia atau CK Hutchison Holdings Limited (CK Hutchison) resmi mengumumkan penandatanganan dari kesepakatan transaksi definitif untuk pengajuan bisnis telekomunikasi mereka di Indonesia.
 
“Merger ini merupakan suatu langkah besar untuk mencapai visi menciptakan nilai yang luar biasa untuk para pelanggan dan pemegang saham lewat penggabungan dua perusahaan telekomunikasi untuk melahirkan perusahaan yang lebih kuat,” ujar Managing Director of Ooredoo Group Aziz Aluthman Fakhroo.
 
Aziz juga menambahkan bahwa dengan adanya kesepakatan ini, pihaknya dapat terfokus untuk menyelesaikan transaksi dan bekerja sama dengan CK Hutchison. Transaksi ini, tegas Aziz, bertujuan untuk menggabungkan keahlian masing-masing grup telekomunikasi global dalam membangun perusahaan telekomunikasi digital kelas di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), perusahaan gabungan PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) ini mengusung nama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison).
 
Perusahaan gabungan ini juga dijelaskan akan membawa nilai dan keuntungan signifikan bagi pemangku kepentingan, termasuk pemegang saham Indosat Ooredoo dan Ooredoo Group, pelanggan, karyawan dan seluruh masyarakat Indonesia.
 
Sementara itu, Group Co-Managing Director of CK Hutchison Holdings Canning Fok menyebut bahwa aksi merger ini adalah kesempatan besar untuk membangun telekomunikasi yang lebih kuat dan inovatif di Indonesia.
 
Merger ini juga dinilai sebagai transaksi yang memiliki nilai tambah untuk pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya. Canning optimis Indosat Ooredoo Hutchison akan berada pada posisi yang dapat mempercepat laju pembangunan dan perkembangan jaringan guna mendukung agenda digital pemerintah.
 
Canning juga menyebut bahwa dengan skala lebih besar, spektrum jaringan semakin luas dan pembiayaan lebih efisien, Indosat Ooredoo Hutchison akan dapat memperluas jaringannya dan menyempurnakan layanan, kualitas serta kecepatannya.
 
Indosat Ooredoo Hutchison akan dikendalikan secara bersama-sama oleh Ooredoo Group dan CK Hutchison. Perusahaan gabungan akan tetap terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan pemerintah Indonesia memiliki 9,6 persen saham, PT Tiga Telekomunikasi Indonesia memiliki 10,8 persen saham, dan pemegang saham publik lainnya memiliki kira-kira 14 persen saham.
 
Penyelesaian transaksi ini bergantung pada persetujuan dari pemegang saham Ooredoo Group, CK Hutchison, dan Indosat Ooredoo, persetujuan regulator, serta berbagai syarat dan ketentuan. Manajemen menyebut, jika semua persetujuan berhasil didapatkan, maka penggabungan ini diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2021.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif