Logo aplikasi mobile TikTok dan Twitter.
Logo aplikasi mobile TikTok dan Twitter.

Bukan Hanya Microsoft, Twitter Juga Berminat Membeli TikTok

Teknologi teknologi twitter tiktok
Cahyandaru Kuncorojati • 10 Agustus 2020 09:22
Jakarta: Microsoft bukan satu-satunya perusahaan teknologi besar yang berminat membeli TikTok operasional Amerika Serikat. Kini giliran Twitter juga dirumorkan mau ikutan membelih saham TikTok apabila ByteDance mau melepas bisnis media sosial viral ini di negara tersebut.
 
Langkah Twitter ini sepertinya tidak terlepas dari surat perintah langsung (executive order) dari Presiden Donald Trump kepada induk TikTok, ByteDance, untuk melepaskan kepemilikan operasionalnya di Amerika Serikat sehingga diklaim bisa bebas dari pengaruh Tiongkok.
 
Dikutip dari Nasdaq, media Wall Street Journal melaporkan bahwa Twitter saat ini masih di tahap awal atau persiapan untuk mengajukan penawaran. Berbeda dari Microsoft yang sudah mengumumkan kepada publik berminat membeli TikTok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BACA: Trump Ancam Setop Operasional TikTok pada 15 September
 
Pengamat bisnis menilai bahwa Twitter yang bisnis lebih kecil dibandingkan Microsoft masih punya peluang untuk membeli TikTok. Pengalaman TikTok sebagai penyedia platform media sosial dilihat lebih kompeten sementara Microsoft hanya memiliki LinkedIn sebagai media sosial segmen profesional atau bisnis.
 
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, sudah memberikan tenggat waktu selama 45 hari atau hingga 15 September 2020 kepada ByteDance untuk melepas saham operasional TikTok di AS sebelum menerima sanksi pemblokiran alias diusir dari negara tersebut.
 
ByteDance sendiri kabarnya tidak terima dengan surat perintah langsung dari Presiden Donald Trump. Mereka berencana menggugat pemerintah Amerika Serikat lewat jalur hukum. Dia menginginkan seluruh saham TikTok bisa dibeli, tidak hanya kepemilikan kecil senilai 30 persen.
 
BACA: Microsoft Akhirnya Mengaku Berencana Beli TikTok
 
Apabila ByteDance nantinya menerima dan melepas saham TikTok, perusahaan teknologi di Amerika Serikat bisa memiiliki operasional bisnis TikTok di negaranya, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif