Cakupan 4G Indonesia Terbaik di ASEAN
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Jakarta: Cangkupan jaringan internet 4G Indonesia diklaim mnejadi yang terbaik di ASEAN. 82 persen wilayah Indonesia kini telah menikmati jaringan 4G.
 
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebut saat ini pemerintah menggenjot ketersediaan internet 4G di seluruh Indonesia.
 
"Dari sisi coverage 4G, sebanyak 423 kabupaten atau 82 persen," kata Rudi dalam diskusi di kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Oktober 2018.
 
Sementara untuk tingkat kecamatan yang tercakup sebanyak 5.300 wilayah, atau sudah terserap 79 persen. Desa sebanyak 74 persen sudah masuk area 4G.
 
Rudi menjelaskan, saat ini cakupan internet di Indonesia jauh lebih baik dibanding negara ASEAN lainnya. Jakarta diklaim kota terbaik dibandingkan beberapa negara tetangga. "Jakarta lebih baik dari sisi 4G dari Bangkok dan Kuala Lumpur," ucap Rudi.

Baca: Internet Kikis Kesenjangan

Kemenkominfo memfokuskan pelayanan akses internet di wilayah perbatasan dan daerah tertinggal. Fokus wilayah itu tercantum pada Peraturan Presiden Nomor 131 Tahun 2015 Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019.
 
"Semua yang namanya lintas batas di Kalimantan, Papua, sudah lebih bagus dari negara tetangga. Karena Pak Presiden selalu mengatakan sisi kita harus lebih bagus dari sisi tetangga," ucap Rudi.




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.