SpaceX terpaksa merumahkan sebagian karyawannya. (Photo by Robyn Beck / AFP)
SpaceX terpaksa merumahkan sebagian karyawannya. (Photo by Robyn Beck / AFP)

SpaceX PHK 10% Karyawan

Teknologi SpaceX
Ellavie Ichlasa Amalia • 15 Januari 2019 15:01
Jakarta:SpaceX akan merumahkan 10 persen dari total karyawannya, setelah mereka sukses mengirimkan satelit untuk perusahaan Iridium. Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh Los Angeles Times dan telah dikonfirmasi SpaceX.
 
Menurut SpaceX, ada lebih dari 6 ribu orang yang bekerja untuk perusahaan. Masih belum diketahui divisi mana yang akan terkena dampak pemecatan ini.
 
SpaceX kini tengah sibuk. Mereka menguji kapsul Crew Dragon untuk menerbangkan astronaut ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, meluncurkan dua Falcon Heavy, meluncurkan sekumpulan satelit Starlink pertama, dan menguji Starship untuk ke Mars.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk terus melayani pelanggan kami dan sukses mengembangkan pesawat antarplanet serta internet global berbasis luar angkasa, SpaceX harus menjadi perusahaan yang lebih ramping. Proyek-proyek ini, bahkan ketika dilaksanakan secara terpisah, telah membuat perusahaan lain bankrut," kata SpaceX pada The Verge.
 
"Itu artinya, kami harus berpisah dengan beberapa anggota tim kami yang bertalenta dan pekerja keras. Kami berterima kasih atas semua yang telah mereka capai dan komitmen mereka atas misi SpaceX. Keputusan ini diambil hanya karena adanya tantangan di masa depan."
 
Keputusan SpaceX merumahkan sebagian karyawannya ini muncul di kala perusahaan yang meluncurkan satelit ke orbit tidak lagi sering mengirimkan peluncuran.
 
"Pasar ini sangat lunak. Keadannya begitu pada tahun lalu, tahun ini, dan saya tidak tahu apakah hal ini akan berubah secara dramatis pada tahun depan," kata President SpaceX, Gwynne Shotwell, pada September, menurut Space News.
 
Menurut The Wall Street Journal, per tahun, SpaceX mendapatkan penghasilan sekitar USD2,5 miliar. Mereka mendapatkan pendapatan itu dari kontrak dengan organisasi seperti NASA dan perusahaan seperti Iridium. Sayangnya, tidak diketahui berapa angka yang SpaceX dapatkan tiap tahun karena mereka adalah perusahaan swasta.
 
Pada Mei, Shotwell berkata pada CNBC bahwa SpaceX telah mendapatkan untung selama "beberapa tahun". Namun, fakta bahwa mereka mengambil pinjaman menunjukkan bahwa mereka tidak mendapatkan untung pada periode antara September 2017 dan September 2018.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi