President of Global Sources Electronic Group, Tommy Wong.
President of Global Sources Electronic Group, Tommy Wong.

Global Sources: Sama Besar, Berbeda dari CES dan MWC

Teknologi teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 22 April 2019 17:53
Hong Kong: Harus diakui bahwa Global Sources Electronics Show 2019 masih terbilang asing di telinga. Kami sendiri terbiasa mendengar Consumer Electronics Show (CES) dan Mobile World Congress (MWC).
 
Di Asia sendiri, Computex di Taiwan juga lebih sering jadi perhatian. Dalam kesempatan berbincang dengan President of Global Sources Electronic Group, Tommy Wong, Medcom.id mendapatkan penjelasan dari acara yang rencananya juga akan digelar di Indonesia bulan Desember nanti.
 
"Kami berbeda dengan CES maupun MWC. Kami melihat dua ini adalah market player, sementara kami adalah mempertemukan pelaku pasar (buyer/seller) dengan penyedia kebutuhan industrinya atau manufaktur (supplier). Acara kami adalah B2B Business-to-Business) bukan B2C (Business-to-Consumer)," tutur Wong.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Digagasnya acara ini diceritakan Wong dimulai sejak tahun 2003. Saat itu Tiongkok menandatangain perjanjian dengan WTO untuk menyediakan kesempatan bagi perusahaan manufaktur membangun fasilitas dari Tiongkok.
 
Global Sources: Sama Besar, Berbeda dari CES dan MWC
 
"Akhinya banyak perusahaan yang kemudian membuka fasilitas manufaktur di Tiongkok. Di sini juga banyak perusahaan lokal yang kemudian tumbuh sebagai manufaktur atau supplier. Kategori produknya juga berbagai macam tidak hanya produk elektronik.
 
"Saat itu nama caranya masih China Sourcing Fair. Kita ada tiga kategori, elektronik, home appliances, dan fashion accessories. Setelah namanya berganti kami melihat bidang elektronik sangat berkmebang pesat. Akhirnya kami memisahkan consumer electronics dan mobile, membuat kami menjadi salah satu dari jajaran pameran teknologi terbesar di dunia," tutur Wong.
 
Global Sources Electronics Show 2019 digelar pada 11-14 April 2019, sementara Global Sources Mobile Electronics digelar pada 18-21 April 2019 di lokasi yang sama yaitu Asia World, Expo Hong Kong. Tidak seperti pameran teknologi yang hanya digelar sekali dalam setahun, Global Sources menggelar acaranya dua kali dalam setahun.
 
Global Sources: Sama Besar, Berbeda dari CES dan MWC
 
"Kami adalah penyedia kebutuhan manufaktur brand-brand yang tampil di acara seperti CES dan MWC. Manufaktur yang menjadi exhibitor di acara ini juga menjadi OEM (Original Equipment Manufacturer) atau supplier. Jadi kita membantu merek global untuk bisa menciptakan produk yang dipamerkan di dua acara tadi sebagai branding," beber Wong.
 
Wong mengklaim sejauh ini acara yang digagas Global Sources adalah platform makerplace bagi supplier yang terbesar dan diminati. Tahun ini ada lebih dari 3.900 exhibitor selain itu disediakannya platform O2O (Online-to-Offline, Offline-to-Online).
 
"Buyer atau seller yang ingin berkunjung ke pameran bisa lebih dulu mengakses direktori di situs kami. Mereka bisa melihat produk dari masin-masing exhibitor. Saat tiba di acara, mereka bisa langsung berdiskusi dengan OEM atau supplier di lokasi," tutur Wong.
 
Global Sources: Sama Besar, Berbeda dari CES dan MWC
 
Untuk rencana membawa acara ini ke Jakarta bulan Desember nanti Wong mempertimbangkan data statistik yang menyebut bahwa impor perangkat teknologi atau elektronik Tiongkok ke Indonesia cukup besar.
 
"Kami ingin memberikan kesempatan bagi pasar Indonesia untuk melihat inovasi dan kualitas teknologi produk Tiongkok. Kerja sama yang terjalin juga akan memungkinkan bisnis di Indonesia memperoleh transfer teknologi dari Tiongkok. Ditambah bisa mendorong bisnis yang ada di Indonesia juga tumbuh dari dukungan kami," jelas Wong.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif