Data center.
Data center.

Disaster Recovery Layanan Biznet Gio Manfaatkan Multi-Region

Teknologi telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 16 November 2018 17:57
Jakarta: Biznet mengumumkan penambahan fitur baru pendukung layanan NEO Cloud , komputasi awan dengan teknologi berbasis open accessuntuk kalangan pengembang aplikasi di segmen UKM maupun startup.
 
Faktor geografis tidak menjadi permasalahan bagi bisnis di era digital, terlebih dengan mengandalkan lkomputasi awan atau cloud. Keandalan dan daya tahan layanan menjadi faktor penting yang diperhatikan dan dijaga oleh perusahaan yang menyediakan layanan atau bisnis berbasis digital.
 
Misalnya saja, layanan marketplace maupun payment gateway yang harus selalu tersedia 24 jam tanpa henti. Oleh sebab itu, Biznet Gio mengumumkan kesedianan teknologi Multi-Region yang mendukung NEO Cloud sebagai bagian dari Disaster Recovery.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


NEO Cloud sendiri hadir dirancang untuk menyediakan operasional di atas dua atau lebih pusat data yang dimiliki oleh Biznet Data Center yang berlokasi di Biznet Technovillage Cimanggis, Jawa Barat, dan Midplaza Sudirman, Jakarta.
 
Multi-Region bekerja dengan mereplikasi layanan/aplikasi dalam dua mesin terpisah untuk mengurangi dampak kerugian yang mungkin terjadi karena adanya kegagalan di salah satu region. Jadi setiap pelanggan bisa memiliki rencana penanggulangan bencana bagi layanannya.
 
"Multi-Region pada NEO Cloud merupakan fitur penting, terutama sebagai penyedia layanan komputasi awan untuk memberikan keamanan dan keandalan kepada para pengguna di Indonesia," ungkap CEO Biznet Gio Cloud Dondy Bappedyanto.
 
"Hadirnya Multi-Region pada NEO Cloud turut meningkatkan standar penyedia layanan komputasi awan lokal untuk dapat meningkatkan daya saing, dan tetap relevan dengan persaingan kelas dunia, terlebih lagi karena data center-nya berada di Indonesia," imbuh Dondy.
 
Biznet Gio sendiri mengklaim menjadi yang pertama di menyediakan fitur Multi-Region di layanan komputasi awan yang ditawarkan. Berkat kehadiran fitur ini layanan NEO Cloud memiliki dua URL akses (endpoint) dari dua region yang berbeda, di Jakarta CBD (Midplaza) dan Jawa Barat (Biznet Technovillage).
 
Masing-masing dari region tersebut memiliki tiga Availability Zone (AZ). Jadi saat salah satu AZ mengalami kegagalan maka pengguna masih dapat mengakses AZ lain di region tersebut berkat dukungan teknologi Multi-Zone yang juga ada di Multi-Region.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif