Intel mengumumkan jajarang prosesor baru untuk mobile
Intel mengumumkan jajarang prosesor baru untuk mobile

CES 2022

28 Prosesor Intel Generasi ke-12 ke Mobile, Pakai Iris Xe dan Thunderbolt 4

Mohammad Mamduh • 06 Januari 2022 08:22
Jakarta: Intel mengumumkan prosesor mobile teranyar generasi ke-12 atau 12th Gen Intel Core yang menggunakan kode Alder Lake. Prosesor ini sebelumnya sudah tersedia di PC atau desktop.
 
Dalam pengumuman di acara Consumer Electronic Show 2022, Intel mengaku prosesor ini punya performa hingga 40 persen dari generasi sebelumnya. Setidaknya Intel memperkenalkan sekitar 28 macam prosesor mobile generasi ke-12 ini. 
 
“Performance hybrid architecture terbaru dari Intel membantu mengakselerasi laju inovasi dan masa depan komputasi,” kata Gregory Bryant, executive vice president dan general manager Client Computing Group Intel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dan dengan diperkenalkannya prosesor mobile 12th Gen Intel Core, kami membuka peluang untuk merasakan berbagai pengalaman baru dan meletakkan standar performa dengan prosesor laptop tercepat yang pernah ada.”
 
Untuk varian terkencang, ada prosesor Intel Core i9-12900HK. Ia diklaim memiliki efisiensi dan performa setiap core paling baik lewat fitur manajemen distribusi Intel Thread Director. Fitur ini diakui dapat meningkatkan performa sistem di berbagai aplikasi single-thread maupun multi-threaded. 
 
Prosesor mobile generasi terbaru ini memiliki kecepatan hingga 5GHz, 14 core dan 20 thread. Dalam presentasinya, Intel Core i9-12900HK memiliki kinerja gaming hingga 28 persen lebih cepat, dan kinerja rendering 3D 43 persen lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.
 
Terkait konektivitas, prosesor ini tetap mendukung Wi-Fi 6E dan Thunderbolt 4 yang menyajikan kecepatan transfer hingga 40Gbps dan konektivitas PC ke berbagai monitor 4K dan aksesori. Prosesor ini akan tersedia pada berbagai sistem mulai Februari 2022.
 
Keluarga prosesor mobile 12th Gen Intel Core juga meliputi U-series dan dan P-series, berduet dengan grafis terintegrasi Intel Iris Xe yang beroperasi pada base power 28W, sementara prosesor U-series beroperasi pada 9W hingga 15W.
 
Sebagai tambahan, Intel memperkenalkan chipset H670, H610, dan B660 sebagai pendukung prosesor generasi ke-12 yang sudah ada. Opsi chipset baru ini akan menyediakan teknologi seperti PCIe 4.0 lanes, Intel Wi-Fi 6E (Gig+), dan Intel Volume Management Device (VMD), tak lupa juga dukungan untuk overclocking memory dan prosesor. 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif