Kartu grafis Nvidia RTX 2060 reference edition. (Nvidia)
Kartu grafis Nvidia RTX 2060 reference edition. (Nvidia)

Ada Kartu Grafis GeForce RTX 2060 Versi 12GB

Cahyandaru Kuncorojati • 08 Desember 2021 06:43
Jakarta: Di bulan Februari silam sempat beredar rumor bahwa Nvidia berencana merilis versi baru dari kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2060. Hal ini disebut sebagai solusi untuk memenuhi permintaan pasar yang sangat tinggi di tengah kelangkaan kartu grafis (GPU) sekaligus prosesor (CPU).
 
Kini rumor tersebut sudah terjawab. Sejumlah vendor hardware dilaporkan sudah memperkenalkan kartu grafis berbasis Nvidia GeForce RTX 2060 yang memiliki VRAM 12GB. Diketahui bahwa versi orisinal yang dirilis pada tahun 2019 hanya memiliki VRAM 6GB.
 
Hal ini tentu membuat sebagian konsumen heran karena Nvidia merilis kartu grafis dua tahun dengan versi terbaru meskipun performanya diakui masih tergolong mumpuni. Nvidia GeForce RTX 20 Series menggunakan arsitektur Turing, sementara RTX 30 Series saat ini arsitektur Ampere.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kartu grafis Nvidia GeForce RTX 20 Series diketahui menjadi produk pertama mereka yang membawa teknologi real-time ray tracing yaitu rendering efek cahaya dan bayangan yang membuat grafis atau visual menjadi lebih nyata. Makanya kartu grafis ini dinilai masih mumpuni saat ini.
 
Tidak cuma memberikan VRAM lebih besar dari versi orisinal, dikutip dari WCCF Tech performa base clock menjadi 1.470 MHz dan boost clock 1.650 MHz. GPU di dalamnya masih menggunakan TU106 12nm dengan 136 Tensor Core, 64 RT Core, dan 2176 CUDA core.
 
Spesifikasi yang ditawarkan disebutkan sejumlah pihak serupa dengan versi GeForce RTX 2060 Super yang dirilis beberapa bulan setelah versi orisinal pada tahun 2019 sebagai versi yang ditingkatkan.
 
Terlepas dari spesifikasinya, Nvidia GeForce RTX 2060 12GB masih akan tetap membawa fitur teknologi yang sama sehingga dukungan fitur baru seperti PCI Gen 4.0, Resizable BAR, dan lainnya yang ada di GeForrce RTX 30 Series tidak akan ditemukan di sini.
 
Pihak Nvidia sendiri belum merilis ke publik secara resmi namun sejumlah vendor telah mempromosikan Nvidia GeForce RTX 2060 versi 12GB di masing-masing media sosial mereka. Kabarnya produk ini bakal dirilis hari ini dengan harga kisaran USD299 atau Rp4,3 juta.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif