Hampir setengah (46%) responden Gen Z berencana untuk melakukan 1-3 perjalanan tahun ini, menunjukkan keinginan kuat mereka untuk menjelajahi tempat baru. Menariknya, keinginan untuk menjelajah ini tidak hanya dimiliki oleh wisatawan muda.
Di kalangan usia 28-43 tahun, 42% memilih durasi perjalanan yang sama, sementara 38% dari kelompok usia 44-59 tahun dan 40% dari kelompok usia 60 tahun ke atas juga memilih perjalanan dengan durasi serupa, menyoroti adanya minat yang sama akan pengalaman perjalanan.
Survei ini menunjukkan bahwa sebagian besar wisatawan Gen Z (39%) lebih suka bepergian dengan pasangan, sementara sekitar satu dari lima (19%) memilih petualangan solo, dan 17% menikmati perjalanan bersama keluarga.
Dalam hal destinasi, kota (26%) menjadi pilihan utama, diikuti oleh pantai dan pulau (22%), serta situs budaya dan sejarah (11%). Temuan ini menyoroti minat perjalanan yang beragam dari Gen Z, mencerminkan pendekatan dinamis mereka dalam menjelajahi dunia.
Gede Gunawan, Senior Country Director Indonesia di Agoda mengatakan, wisatawan Gen Z di Indonesia semakin memanfaatkan era digital, dengan platform media sosial yang berperan penting dalam membentuk keputusan perjalanan mereka.
Agoda mengaku menawarkan lebih dari 5 juta properti di seluruh dunia, serta penerbangan dan aktivitas, memungkinkan wisatawan Gen Z untuk menjelajahi kota-kota dinamis, pantai-pantai yang tenang, atau situs-situs kaya budaya dengan harga terjangkau.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id