Telkomsel menegaskan bahwa data pelanggan yang tersimpan di sistemnya aman.
Telkomsel menegaskan bahwa data pelanggan yang tersimpan di sistemnya aman.

Telkomsel Pastikan Data Konsumen Aman

Teknologi teknologi telkomsel telekomunikasi
Lufthi Anggraeni • 14 Juli 2020 07:11
Jakarta: Telkomsel menegaskan bahwa hingga saat ini, perusahaannya selalu memastikan dan menjamin data pelanggan yang tersimpan dalam sistem Telkomsel tetap aman dan terjaga kerahasiaannya.
 
"Kami menegaskan bahwa data pelanggan kami aman. Dan kami berkomitmen untuk terus menjaga keamanan data pelanggan melalui pembaruan yang selalu kami lakukan, terlepas ada atau tidak ada insiden," ujar Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro.
 
Setyanto menyebut pihaknya selalu melakukan pengkajian dan evaluasi baik terhadap sistem maupun Standar Operational Procedure (SOP) secara rutin dan berkala. Pengkajian dan evaluasi ini diklaim Telkomsel tidak hanya terpaku pada terjadinya insiden.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Insiden penyebarluasan data salah satu pengguna layanannya tersebut tidak menjadi satu-satunya pemicu evaluasi dan perbaikan yang diterapkannya ke sistem dan SOP. Selain perbaikan secara sistem dan SOP, Telkomsel juga mengklaim pihaknya memastikan tindakan akses ilegal diproses secara hukum oleh pihak berwenang.
 
Terkait dengan kasus kebocoran data yang dilakukan oleh salah satu oknum pegawai outsourcing Telkomsel, Setyanto menjelaskan, bahwa oknum tersebut merupakan pegawai Customer Services (CS) Telkomsel.
 
Telkomsel juga menegaskan bahwa kasus tersebut sudah menjadi ranah pihak berwenang. Setyanto menambahkan, pada dasarnya pegawai CS Telkomsel bisa mengakses data pelanggan, tetapi secara terbatas.
 
Selain itu, pegawai CS juga telah dibekali dengan Standar SOP yang berlaku dari Telkomsel. Jika melanggar, SOP yang berlaku, maka yang bersangkutan akan langsung berhadapan dengan hukum yang berlaku.
 
Direktur Human Capital Management Telkomsel Muharam Perbawamukti menambahkan bahwa pihak Telkomsel tidak mentolerir pegawai CS pelaku tindak tidak terpuji tersebut. Muharam juga menegaskan bahwa dalam merekrut pegawai, pihaknya telah memiliki standar dan proses perekrutan transparan dan profesional.
 
Telkomsel juga mengimbau pelanggan layanannya untuk secara proaktif menjaga keamanan data mereka, karena kasus kebocoran data bisa terjadi kapan dan di mana saja, seperti yang disampaikan oleh VP Corporate Communication Telkomsel Denny Abidin.
 
Selain itu, Denny juga menyampaikan, mengutip dari pernyataan pihak cyber crime kepolisian, data yg ada di blue screen itu nomor telepon, dan jenis handphone. Pihak kepolisian siber juga menegaskan bahwa data tersebut ditampilkan pada dashboard yang bukan dashboard milik Telkomsel.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif