Teknologi LiDAR yang diunggulkan di iPhone 12 ternyata tidak hanya digunakan di kamera ponsel.
Teknologi LiDAR yang diunggulkan di iPhone 12 ternyata tidak hanya digunakan di kamera ponsel.

Teknologi LiDAR Unggulan iPhone 12 Tidak hanya di Ponsel

Teknologi teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 19 Oktober 2020 17:09
Jakarta: Apple iPhone 12 telah secara resmi menyapa konsumen di dunia pada pertengah bulan Oktober ini, dengan mengunggulkan sejumlah teknologi terbaru salah satunya adalah jaringan 5G yang pertama kali tersedia di smartphone karya Apple.
 
Teknologi lain yang juga diunggulkan Apple pada jajaran iPhone 12 yaitu teknologi Light Detection and Ranging atau disingkat sebagai LiDAR. Teknologi ini menjadi salah satu teknologi yang banyak diperbincangkan konsumen, sebab hanya tersedia di kamera pendukung iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.
 
Namun, Apple bukan perusahaan pertama yang mengeksplorasi LiDAR ataupun menggunakannya pada kamera di smartphone. Google juga telah terlebih dahulu mengeksplorasi teknologi ini untuk Project Tango, meski proyek ini tidak berumur panjang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lantas apa itu LiDAR? LiDAR merupakan salah satu jenis kamera time-of-flight (ToF) dan menggunakan laser untuk memantulkan obyek. Cahaya laser tersebut kemudian kembali ke pusat laser untuk mengukur jarak dengan menghitung waktu perjalanan dari gelombang cahaya.
 
Cara kerja LiDAR serupa dengan teknologi pengenalan wajah Face ID, namun dengan jangkauan lebih luas. Smartphone pengguna LiDAR akan mengirimkan gelombang cahaya dalam bentuk titik-titik infra merah yang menyebar.
 
Selain itu, LiDAR juga berkemampuan untuk menghitung setiap titik tersebut, kemudian membuat pemetaan lokasi dengan mengukur jarak serta dimensi. Teknologi LiDAR juga dapat digunakan untuk mengambil foto tiga dimensi.
 
Kemampuan LiDAR juga mendukung teknologi Augmented Reality (AR) serta pemindaian tiga dimensi (3D Scanning). Sebagai informasi, teknologi LiDAR pada kamera belakang iPhone 12 Pro mampu mencakup jarak hingga lima meter.
 
Teknologi ini diklaim menjadikan akurasi dan kecepatan fokus pada kamera iPhone 12 Pro lebih baik, serta mampu menyuguhkan kemampuan fotografi lebih baik berkat dukungan fitur night mode. Selain itu, tidak hanya digunakan untuk ponsel, teknologi LiDAR telah digunakan di sektor lainnya, termasuk perangkat AR.
 
Perangkat AR tersebut termasuk HoloLens 2, berkemampuan untuk memetakan ruangan sebelum menambahkan obyek 3D secara virtual. Teknologi LiDAR juga telah digunakan di sejumlah produk lain, yaitu mobil otonom, robot dan drone.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif