Facebook mengumumkan keberadaan Libra beberapa minggu lalu.
Facebook mengumumkan keberadaan Libra beberapa minggu lalu.

Facebook Libra Bikin Bank Sentral Tertarik dengan Mata Uang Kripto

Teknologi media sosial facebook cryptocurrency
Ellavie Ichlasa Amalia • 01 Juli 2019 15:19
Jakarta:Bank for International Settlements (BIS) di Swiss merupakan bank untuk bank sentral. BIS merupakan salah satu institusi yang jarang berinovasi, termasuk terkait mata uang kripto.
 
Namun, ketika Facebook mengumumkan mata uang kripto Libra, mau tidak mau BIS harus mulai memperhatikan cryptocurrency.
 
Pada Maret, Chief BIS, Agustín Carstens mengatakan bahwa bank-bank sentral tak melihat nilai dari membuat mata uang kripto sendiri. Sekarang, Carstens mengubah pandangannya 180 derajat. Pada akhir Juni, BIS mengeluarkan laporan tahunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepada Financial Times, Carstens juga menyebutkan bahwa BIS bekerja sama dengan bank-bank sentral untuk mengembangkan mata uang digital.
 
"Banyak bank sentral yang tengah mengembangkan itu; kami juga turun tangan, mendukung mereka," kata Carstens, seperti dikutip dari Quartz. "Dan mungkin, pasar untuk mata uang kripto dari bank sentral akan muncul lebih cepat dari dugaan kita."
 
Laporan BIS menunjukkan kekhawatiran tentang keputusan perusahaan teknologi untuk masuk ke industri finansial.
 
Mereka mengatakan, data dalam jumlah besar yang dimiliki raksasa seperti Facebook, Google, dan Alibaba merupakan ancaman bagi privasi pengguna dan menyulitkan bank-bank besar, serta mengancam kestabilan finansial global.
 
Ini mendorong BIS untuk membuat pusat inovasi untuk teknologi finansial. Swiss, Hong Kong dan Singapura akan bekerja sama untuk membuat pusat inovasi itu, lapor SwissInfo. Bank sentral Swedia kini tengah mengembangkan mata uang kripto dan Carstens mendukung keputusan ini.
 
Ketika mengumumkan Libra, Facebook berkata bahwa mata uang itu akan menjadi "stablecoin" dengan nilai yang didasarkan pada uang dan aset di dunia nyata, mebuat nilainya menjadi lebih stabil, layaknya mata uang kebanyakan.
 
Pengumuman ini membuat pasar mata uang kripto kembali bergairah dan membuat orang-orang kembali tertarik dengan bitcoin dan mata uang digital lainnya. Para bank sentral juga tampaknya berusaha untuk bisa masuk ke pasar tersebut sebelum perusahaan teknologi mengambil alih dan mendominasinya.
 
Sayangnya, masih belum diketahui kapan atau apakah bank sentral memang akan membuat mata uang kripto mereka sendiri. Carstens belum sepenuhnya yakin akan manfaat mata uang digital.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif