Kominfo menargetkan untuk membangun  5.000 BTS di 12.000 lokasi hingga tahun 2020.
Kominfo menargetkan untuk membangun 5.000 BTS di 12.000 lokasi hingga tahun 2020.

Kemenkominfo Targetkan Bangun 5.000 BTS Hingga 2020

Teknologi kominfo teknologi
Lufthi Anggraeni • 05 November 2019 18:06
Jakarta: Pemerataan ketersediaan jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia masih menjadi target pemerintah Indonesia. Sejak beberapa tahun lalu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggenjot pembangunan infrastruktur terkait.
 
Kominfo menargetkan membangun sebanyak 5.000 BTS hingga akhir tahun 2020 mendatang, yang mencakup seluruh wilayah Indonesia, hingga wilayah 3T yaitu Terdepan, Terluar, dan Tertinggal.
 
"Pada tahun 2020 target pembangunan BTS akan dilaksanakan sebesar 3.447, atau keseluruhannya BTS yang akan dibangun di wilayah-wilayah yang masih kita anggap sebagai belum terhubung secara baik melalui jaringan jaringan dengan kekuatan besar," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Johnny juga menyebut 5.000 BTS ini akan dibangun di 12.000 lokasi hingga tahun 2020 mendatang. Pembangunan ini diprioritaskan guna memberikan akses untuk masyarakat, khususnya sekolah, puskesmas, kantor penyelenggaraan masyarakat, sehingga bisa menyuguhkan pelayanan lebih cepat.
 
Dengan kehadiran 5.000 BTS, pemerintah juga berharap aliran data internet di Indonesia akan semakin baik, terutama di wilayah 3T tersebut. Sementara itu, untuk wilayah lain yang sulit dijangkau oleh layanan broadband berkecepatan tinggi, Kominfo berencana untuk menghadirkan solusi lain, hasil kolaborasi dengan badan usaha.
 
Salah satunya dengan memanfaatkan satelit internet berkecepatan tinggi multifungsi, disebut dengan nama Satria. Satelit ini ditargetkan untuk mencakup sebanyak 150.000 titik layanan publik dengan fokus pelayanan untuk sarana pendidikan, pemerintah daerah dan fasilitas kesehatan.
 
Dengan adanya satelit ini, pemerintah juga berharap dapat mewujudkan konektivitas sinyal di seluruh wilayah Indonesia. Terkait dengan ekonomi digital, pemerataan ketersediaan jaringan internet ini mampu mendorong dan menumbuhkan ekosistem startup digital.
 
Kominfo juga berharap hal ini akan turut berdampak pada perkembangan sektor ekonomi. Sebagai informasi, BTS Palapa Ring untuk akses internet dan satelit multifungsi untuk proyek Palapa Ring di wilayah Barat, Tengah dan Timur telah selesai pada tahun 2019 ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif