Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ada Celah Keamanan di Chipset Qualcomm Snapdragon

Teknologi qualcomm cyber security
Cahyandaru Kuncorojati • 06 Agustus 2019 17:23
Jakarta: Pengguna smartphone Android khususnya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon patut waspada dan melakukan update firmware. Kemarin beredar informasi bahwa chipset milik Qualcomm memiliki celah keamanan yang bisa dimanfaatkan hacker.
 
Temuan ini pertama kali ditemukan tim keamanan Blade Tencent. Disebutkan celah keamanan ini terletak pada bagian modem atau fitur WLAN yang terdapat di chipset seri Snapdragon 835 dan Snapdragon 845. Diklaim tim Balde Tencent bahwa celah keamanan ini cukup serius.
 
Dikutip dari Bleeping Computer,celah keamanan ini muncul pada sebuah bug bernama QualPwn. Lokasi celah keamanan yang berada di modem membuat perangkat Android bisa diserang oleh peretas atau menerima malware dari koneksi OTA.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Artinya, peretas bisa melakukan serangan dengan hanya memanfaatkan koneksi WiFi yang tidak aman dan menjangkiti semua smartphone Android dengan chipset tersebut yang sedang terhubung ke jaringan WiFi yang sama. Dari sini, serangan bisa menjangkau bagian Android Kernel.
 
Mengingat Android Kernel adalah sebuah sistem yang menjembatani komunikasi antara hardware dan software,peretas bisa mengambil alih kontrol smartphone,bahkan mencuri semua data yang ada di dalamnya. Sejauh ini pihak Google dan Qualcomm diklaim sudah menerima laporan penting ini.
 
Pihak Qualcomm sendiri sudah membagian pengumuman kepada OEM atau vendor untuk menyiapkan sistem perangkat Android yang tersebar di pengguna menerima update firmware yang akan menutup celah keamanan tadi.
 
Qualcomm tidak akan menyediakan firmware langsung kepada pengguna melainkan pihak OEM atau vendor. Diperkirakan proses ini memakan waktu, mengingat tidak semua vendor rajin merilis update ke perangkat penggunanya, apalagi untuk chipset generasi sebelumnya.
 
Seperti yang diketahui bahwa Snapdragon 835 dan Snapdragon 845 adalah chipset di smartphone high-end yang dirilis tahun lalu. Kini Qualcomm tengah fokus ke seri Snapdragon 855 dan Snapdragon 855 Plus.
 
Snapdragon 855 Plus baru akan tersedia di pasar bulan ini, ditujukan bagi smartphone gaming dengan performa lebih tinggi dibandingkan versi Snapdragon 855 polos.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif