ki-ka: CEO Sony Kenichiro Yoshida dan CEO Microsoft, Satya Nadella.
ki-ka: CEO Sony Kenichiro Yoshida dan CEO Microsoft, Satya Nadella.

Microsoft dan Sony Kerja Sama Garap Pesaing Stadia

Teknologi microsoft sony
Ellavie Ichlasa Amalia • 17 Mei 2019 14:28
Jakarta:Microsoft dan Sony mengumumkan kerja sama yang tidak biasa. Meskipun keduanya merupakan pesaing dalam ranah konsol game, dua perusahaan itu mengumumkan kerja sama untuk mengembangkan layanan cloud gaming.
 
"Dua perusahaan akan bekerja sama untuk mengembangkan solusi cloud masa depan di Microsoft Azure muntuk mendukung layanan game dan streming konten keduanya," tulis Microsoft dalam pernyataan resmi. Ke depan, layanan streaming konten dan game dari Sony juga akan menggunakan Microsoft Azure, lapor The Verge.
 
Microsoft menjelaskan, kerja sama mereka dengan Sony juga akan menyertakan pengembangan platform yang lebih baik untuk komunitas kreator konten.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Itu artinya, kemungkinan, Microsoft dan Sony berencana untuk bekerja sama membuat layanan untuk kreator dan komunitas gaming. Dua perusahaan itu berkata, mereka akan memberikan informasi lain ke depan.
 
Pada dasarnya, pengumuman ini berarti Microsoft dan Sony akan bekerja sama dalam pengembangan cloud gaming. Ini adalah kerugian bagi pesaing utama Microsoft di ranah cloud, Amazon.
 
Selain itu, ini juga berarti Google -- yang juga menyediakan layanan cloud gaming -- tidak dapat menggandeng Sony.
 
Google memperkenalkan layanan streaming game bernama Stadia beberapa waktu lalu. Mereka akan menggunakan YouTube untuk memperkenalkan layanan baru mereka itu. Stadia adalah ancaman bagi Microsoft dan Sony.
 
Dengan bekerja sama dengan Microsoft, Sony akan mendapatkan dukungan infrastruktur cloud untuk melawan Google.
 
Stadia akan bisa digunakan untuk memainkan game dari cloud ke peramban Chrome, Chromecast, dan perangkat Pixel. Sony juga menawarkan layanan cloud gaming mereka sendiri dan Microsoft juga berjanji untuk mulai memberikan percobaan dari layanan xCloud gaming mereka.
 
Selain pengembangan cloud gaming, Microsoft dan Sony juga akan berkolaborasi dalam bidang semikonduktor dan kecerdasan buatan. Misalnya, mengembangkan solusi sensor gambar cerdas yang menggunakan Azure AI.
 
"Sony adalah pemimpin dalam bidang hiburan dan teknologi, dan kerja sama yang kami umumkan hari ini akan dibangun berdasar sejarah inovasi," kata CEO Microsoft, Satya Nadella.
 
"Kerja sama kami akan membawa kemampuan Azure dan Azure AI pada Sony untuk menyediakan layanan gaming dan hiburan baru ke konsumen."
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif