Nintendo Switch.
Nintendo Switch.

Nintendo Switch Dukung Porting Game PS5 dan Xbox Series X?

Teknologi games nintendo playstation nintendo switch
Cahyandaru Kuncorojati • 08 April 2020 17:14
Jakarta: Pengguna Nintendo Switch di tahun depan punya kemungkinan untuk bisa ikut mencicipi game di konsol gaming generasi terbaru seperti PS5 (PlayStation 5) dan Xbox Series X. Kabarnya, banyak developer yang berniat untuk membawa game di konsol tersebut dengan cara porting ke Nintendo Switch.
 
Meskipun belum ada satupun publisher game yang mengumumkan rencana tersebut tapi prediksi ini dtaang dari salah satu developer yang kerap meneripa proyek porting yaitu Virtuos. Terlepas dari spesifikasi Nintendo Switch yang bahkan tidak bisa sejajar dengan PS4, platform tersebut semakin dilirk sebagai lahan baru yang subur.
 
Dikutip dari TechRadar, Vice President Virtuos, Elijah Freeman menyatakan bahwa di tahun mendatang mungkin developer akan mulai berpkikir jangka panjang untuk mengembangkan game mereka dengan menyediakan pengalaman baru yang konsisten.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Akibat Virus Korona, Nintendo Switch Langka dan Harganya Meroket
 
Artitnya, dibandingkan merilis seri game baru setiap tahun developer mungkin bisa berfokus ke penambahan konten baru scara berkala di banyak platform yang dituju termasuk Nintendo Switch. Virtuos sendiri sudah dipercaya untuk mengerjaan proyek porting dari game L.A. Noire, Dark Souls Remastered, dan yang akan selesai adalah The Outer Worlds.
 
"Dengan peluncuran Xbox Series X dan PS5 tahun ini, developer harus membuat strategi dna rencana untuk memberikan pengalaman bermain terus menerus di semua platform. Di Virtuos kami sangat siap dan bersedia membantu untuk membawa game baru ini ke Nintendo Switch," tuturnya.
 
Beberapa publisher memang akhirnya membawa game mereka ke Nintendo Switch sejak tahun lalu tapi game ini masih terbatas pada game lawas.
 
Permasalahan teknis tadi masih menjadi tantangan, spesifikasi Nintendo Switch tidak sejajar dengan PS4 sekalipun sehingga tidak menjamin proses porting atau alih platform bisa mulus.
 
Elijah mengakui bahwa selama ini game populer di PC maupun konsol yang berhasil di porting ke Nintendo Switch pasti mengalami penurunan di kualitas grafis. Namun banyak dari gamer di platform ini tidak mengeluhkannya karena tetap bisa mendapatkan fitur atau pengalaman main yang tidak berbeda.
 
Baca: Pandemi Covid-19 Bikin Penjualan Game Digital Meroket
 
Mengingat dua konsol generasi tersebut menerapkan sistem konten eksklusif untuk game yang ditujukan pada perangkat mereka maka pengguna Nintendo Switch dipastikan harus menunggu lebih lama agar game tersebut juga tersedia, baik lewat porting atau langsung.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif