Cover art game The Witcher 3: Wild Hunt.
Cover art game The Witcher 3: Wild Hunt.

Penjualan Game The Witcher 3 Melonjak 5 Kali Lipat

Teknologi teknologi games
Cahyandaru Kuncorojati • 14 Februari 2020 08:36
Jakarta: Franchise game The Witcher 3: Wild Hunt garapan CD Projekt Red yang dirilis pertama kali pada 2015 ternyata masih membukukan penjualan yang fantastis hingga tahun ini.
 
Penjualan game ini meningkat hingga lima kali lipat per Desember 2019. Padahal berdasarkan tanggal rilisnya, game ini termasuk sudah lawas. Dilaporkan bahwa firma riset pasar bernama NPD Group menemukan penjualan game ini meningkat hingga 554 persen pada Desember 2019 untuk pasar Amerika Serikat.
 
Penjualannya meningkat lima kali lipat dibandingkan bulan Desember 2018. Rekor ini mengundah perhatian dari industri game termasuk industri film.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari WCCF Tech, NPD Group mengungkapkan rekor ini tidak terlepas dari momen penjualan franchise The Witcher yang dinilai sangat beruntung. Game yang merupakan adaptasi dari novel tahun 2011 buatan Andrzej Sapkowski kemudian diadaptasi menjadi serial film oleh Netflix yang kemudian sangat populer.
 
Film adaptasi Netflix tersebut dibintangi Henry Cavill yang terkenal lewat peran Superman. Kunci kesuksesan kali yang diungkapkan oleh NPD Group adalah berasal dari Nintendo Switch. Kontribusi Nintendo Switch disebut kali ini sangat besar. Game ini hadir dalam versi porting pada Oktober 2019.
 
NPD Group menyatakan kontribusi Nintendo Switch atas penjualan game The Witcher 3: Wild Hunt mencapai 63 persen. Laporan menyebutkan bahwa game ini banyak dibeli pada musim liburan di bulan Desember sebagai hadiah bagi pengguna Nintendo Switch.
 
Beralih ke laporan di layanan Netflix, dilaporkan bahwa episode pertama serial The Witcher ditonton oleh 19 juta pengguna Netflix di minggu pertama setelah dirilis. Serial ini dirilis pada 20 Desember 2019. Angka ini mengalahkan debut serial Netflix Original lain yang juga dirilis pada bulan yang sama yaitu The Umbrella Academy dengan angka 17,5 juta pengguna Netflix.
 
Jelang Natal tahun lalu, dilaporkan bahwa jumlah gamer yang memainkan game The Witcher 3: Wild Hunt juga meroket. Dikutip dari Comicbook, fakta ini ditemukan dari pantauan layanan Steam Charts dan SteamDB. Angka gamer yang sedang bermain game ini mencapai 50.000 ribu gamer dalam waktu bersamaan di Steam.
 
Penjualan novel The Witcher juga ikut merasakan efek tersebut. Penerbit novel garapan Andrzej Sapkowski mengalami banjir pesanan cetakan baru. Jadi bisa dibilang bahwa franchise The Witcher sudah sangat sukses di berbagai platform.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif