Karakter Guning Lokapala dan skin Dauntless
Karakter Guning Lokapala dan skin Dauntless

Lokapala Ajak Kenal Lebih Dalam Guning, Karakter dengan Semangat Pluralisme

Mohammad Mamduh • 04 November 2022 11:39
Jakarta: Dalam rangkai meramaikan hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober lalu, Lokapala ingin mengenalkan lebih karakter bernama Guning. Karakter Guning sendiri terdiri dari Gu (ancient) dan Ning (awal).
 
Kedua karakter ini terinspirasi dari sosok Kapiten Souw Pan Chiang dan Raden Mas Garendi yang sama-sama berjuang dalam pertempuran melawan VoC. Bersatunya dua sosok yang punya latar belakang suku dan agama yang berbeda ini diklaim sebagai eksistensi pluralisme sejatinya sudah ada sejak jaman penjajahan Hindia Belanda.
 
Ninoi Kiling, IP & Development Lead Anantarupa Studios berharap ini dapat menginspirasi para gamer Indonesia untuk lebih mengembangkan sikap menghargai dan mengutamakan kebhinekaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sumpah pemuda menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan sosok inspiratif di balik Ksatriya Guning,” ungkapnya.
 
Tragedi Geger Pacinan yang diawali dengan pembantaian 10 ribu orang Tionghoa oleh VoC di Batavia tahun 1740 menyulut berbagai aksi pemberontakan orang Tionghoa terhadap VoC. Awalnya ada rasa curiga dan ketidakpercayaan ketika Kapiten Souw Pan Chiang bertemu dengan Raden Mas Garendi.
 
Hal ini terjadi karena peristiwa pengkhianatan yang dilakukan oleh raja Mataram yaitu Pakubuwana II. Seiring berjalannya waktu, mereka bisa membentuk ikatan persahabatan karena mempunyai kepentingan yang sama, yaitu mengusir kompeni dari tanah Jawa.
 
Puncaknya adalah penyerbuan Keraton Surakarta pada 30 Juni 1742. Mereka berhasil membuat VoC melarikan diri dan mengambil alih Keraton Surakarta. Pada 1 Juli 1742, Sunan Kuning secara resmi bertahta di Kartasura.
 
Kisah persahabatan antara Raden Mas Garendi dan Kapiten Souw Pan Chiang menambah bukti eksistensi dan peran masyarakat Tionghoa dalam sejarah Nusantara. Semangat tersebut terlihat dalam Keputusan Kongres Pemuda II yang sekarang lebih dikenal dengan istilah Sumpah Pemuda.
 
Menurut pihak Anantarupa, banyak peranan anak-anak muda keturunan Tionghoa seperti Oey Kay Siang, John Lauw Tjoan Hok, Tjio Djien Kwie, dan lainnya dalam Kongres Pemuda II. Selain itu, gedung tempat dibacakannya Sumpah Pemuda merupakan asrama pelajar milik peranakan Cina yang bernama Sie Kok Liang. Gedung yang terletak di Jalan Kramat Raya Nomor 106, Jakarta Pusat itu kini diabadikan sebagai Museum Sumpah Pemuda.
 
Selain itu, Anantarupa Studios menghadirkan skin Spirit of Dauntless. Skin terbaru Spirit of Dauntless ini hanya bisa didapatkan melalui event Teka-Teki Silang (TTS) yang hanya diadakan pada tanggal 28 Oktober 2022.
 
Anantarupa Studios bersama Upoint Games dan Dunia Games juga mengadakan event TikTok Challenge #SEMANGATPEMUDALOKAPALA. Ksatriya berpartisipasi untuk mengumpulkan video atau key visual tentang gameplay, cosplay gerakan/pose ataupun menggambar karakter Guning.
 
Ksatriya juga dapat berpartisipasi dalam lomba membuat komik/mini story tentang Sumpah Pemuda ataupun konten tentang Sumpah Pemuda.
 
Selain skin terbaru Guning, Lokapala juga menghadirkan update untuk karakter Tara, berupa skin Guerilla Machina dan bundle Revolter Ornaments. Karakter Kanta juga akan mendapatkan skin dan vahana baru.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif