Sony PlayStation 4.
Sony PlayStation 4.

Sony Patenkan Teknologi Loading Cepat di PlayStation Terbaru

Teknologi games sony playstation
Cahyandaru Kuncorojati • 25 Juni 2019 09:18
Jakarta: Sony mematenkan teknologi yang akan membuat PlayStation terbaru atau yang dirumorkan PlayStation 5 menjadi unggul dibandingkan konsol lain.
 
Sony disebut telah mempatenkan teknologi loading cepat atau yang akan menghilangkan prosesor loading screen di setiap game yang bakal dimainkan di PlayStation terbaru. Teknologi ini akan diklaim sebagai ciptaan Sony, sehingga konsol kompetitor atau terbaru harus mencari teknologi lain untuk memiliki kemampuan loading cepat.
 
Dikutip dari IGN, paten tersebut dideskripsikan Sony sebagai "sistem dan metode yang loading software game yang dinamis sehingga membuat gameplay lebih lancar". Bagaimana cara teknologi ini bekerja?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara singkat disebutkan bahwa teknologi ini akan memuat data lebih dulu sehingga tidak ada lagi proses loading game atau munculnya loading screen. Disebutkan bahwa sistem PlayStation terbaru bisa membaca gameplay atau karakter yang dimainkan. Mereka bisa menerima informasi ke mana karakter tersebut berjalan.
 
Hal ini membuat sistem lebih dulu mencari dan memuat informasi yang akan diakses dan disediakan. Misalnya, saat pemain akan bergerak menuju ke sebuah arena permainan maka teknologi PlayStation terbaru bisa memperkirakan dan lebih dulu menyiapkan data yang dibutuhkan.
 
"Posisi karakter di dalam game environment akan dipantau. Instruksi korespondensi yang dibutuhkan berkaitan dengan game environment lain akan dimuat terlebih dahulu dalam sebuah memori tersendiri," tulis halaman deskripsi paten tersebut.
 
Sistem bisa mengenali batasan game. Jadi pada game yang memiliki banyak transisi dari arena permainan atau ruangan seperti di game Mass Effect saat memasuki lift tidak lagi muncul loading screen yang cukup lama dan berkali-kali.
 
Pengembangan teknologi ini dinilai tidak terlepas dari penggunaan memori Solid State Drive (SSD) pada PlayStation terbaru. SSD juga digunakan pada pada Xbox terbaru atau Project Scarlett. Komponen tersebut juga mendukung proses loading yang lebih cepat.
 
Di deskripsi paten tersebut tidak dijelaskan bahwa loading screen akan hilang sepenuhnya. Kemungkinan loading screen saat proses boot-up atau pertama kali game diakses masih akan ada tapi lebih cepat berkat kemampuan baca dari SSD yang lebih cepat ketimbang konsol yang masih menggunakan HDD.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif