NEWSTICKER
Paten desain controller PlayStation terbaru punya dua tombol baru di bagian belakangnya.
Paten desain controller PlayStation terbaru punya dua tombol baru di bagian belakangnya.

Sony Daftarkan Paten Baru Desain Controller PS5

Teknologi teknologi game sony playstation
Cahyandaru Kuncorojati • 29 Desember 2019 19:46
Jakarta: Sony PlayStation 5 (PS5)masih menjadi misteri, sementara kompetitornya sudah mengumumkan tampilan desain konsol, Xbox Series X. Meskipun begitu, spesifikasi keduanya masih sebatas rumor.
 
Sejauh ini Sony hanya ketahuan tengah mengembangkan teknologi dari controller terbaru mereka, DualShock, yang ditujukan PlayStation 5. Beredar sebuah paten terbaru dari Sony yang berisi desain dari controller konsol terbaru mereka.
 
Dikutip dari Polygon, hal ini diketahui dari dokumen daftar paten yang diperoleh dari database lembaga World Intellectual Property Organization. Sekali lagi, sama seperti desain paten yang beredar sebelummya controller DualShock terbaru tidak punya perubahan fisik yang signifikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satu hal yang membuat paten desain ini menarik adalah kehadiran dua buah tombol di balik controller tersebut. Diduga kuat kedua tombol ini berfungsi sebagai tombol tambahan dengan fungsi yang bisa dikonfigurasi alias programmable button.
 
Programmable button sendiri mirip dengan fungsi macro yang ada di controller Microsoft Xbox. Sony memang belum pernah menerapkan teknologi ini, baru bulan ini mereka menghadirkannya lewat sebuah aksesori.
 
18 Desember kemarin Sony mengumumkan aksesoris bernama Back Button Attachment untuk controller DualShock 4. Aksesoris ini menempel menggunakan port microUSB di bagian bawah dan akan membuat tombol aksesoris tersebut ada di bagian belakang controller.
 
Ada tiga profile konfiguasi yang bisa diakses lewat panel OLED yang melekat di aksesoris. Berkaca dari hal ini Sony tampak berusaha menyediakan fitur serupa di controller DualShock terbaru secara embed, bukan aksesoris.
 
Sony PlayStation mengklaim aksesoris ini sudah mendukung semua game yang berjalan di PlayStation 4. Aksesoris Back Button Attachment akan dirilis Sony di tahun depan pada 14 Februari dengan banderol kisaran Rp460 ribu.
 
Dibandingkan dengan Xbox Elite wireless, aksesori ini memang jauh lebih sederhana dan mudah digunakan. Namun, di versi Xbox tersedia empat pedal yang kustomisasi fungsinya jauh lebih luas tapi agak kompleks karena harus diakses lewat software Xbox.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif