Ilustrasi.
Ilustrasi.

Lawan Covid-19, Kemenkominfo dan AGI Gelar Kompetisi Membuat Game

Teknologi Kominfo teknologi games
Cahyandaru Kuncorojati • 29 Maret 2020 11:04
Jakarta: Demi menyediakan kegiatan yang produktif di tengah physical distancing, Kemenkominfo dan AGI (Asosisasi Game Indonesia), dan organisasi Clevio Coder Camp menggelar kompetisi membuat game.
 
Ketiganya menggelar kompetisi bertajuk "Ayo Bikin Game di Rumah Aja" yang bisa diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. AGI melihat video menjadi konten interaktif yang bisa diakses siapa saja dan menjadi sarana edukasi.
 
Mengusung tema “Mari Bersama Melawan COVID-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru”, ajang ini bertujuan untuk membantu sosialisasi bagaimana melawan dan mencegah meminimalisir pandemi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AGI berharap video game hasil kompetisi ini bisa menjadi komplemen dari media konvensional untuk mensosialisasikan cara-cara pencegahan terhadap penyebaran virus COVID-19.
 
"Kegiatan ini mengajak generasi muda untuk bersama-sama membuat game di rumah masing-masing sehingga waktu yang dimiliki menjadi terisi dengan penambahan karya dan pengetahuan," tutur Ditjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.
 
"Kita harapkan akan terbentuk komunitas para games maker yang semakin besar dan secara bersamaan meningkatkan kesadaran akan hidup sehat, bersih dan juga seru dalam menghadapi COVID-19," imbuhnya.
 
Kompetisi ini dibagi menjadi beberapa kategori, mulai dari Junior (SD, SMP, SMA/SMK) dan Mahasiswa/Umum. Masing-masing peserta harus membentuk tim dan bekerja sama selama empat hari untuk menghasilkan purwarupa game yang sipa dimainkan. Proses ini juga dilakukan secara online.
 
"Melalui acara ini, AGI dan developer game Indonesia ingin berkontribusi untuk membantu menjaga Indonesia dengan membuat game untuk mengedukasi masyarakat terkait pandemi Corona," ungkap Wakil Ketua AGI, Adam Ardisasmita.
 
Dijelaskan CEO Clevio, Fransiska Oetami, Coach Clevio akan membagikan materi coding game untuk mempersiapkan webinar gratis dan seru untuk belajar bikin game. Mereka yang belum pernah membuat game diklaim bisa dengan mudah melakukannya denganpanduan yang diberikan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif