Cover art dari game Call of Duty Black Ops: Cold War.
Cover art dari game Call of Duty Black Ops: Cold War.

Tiongkok Blokir Trailer CoD Black Ops: Cold War, Ada Tiananmen 1989

Teknologi games activision blizzard
Cahyandaru Kuncorojati • 24 Agustus 2020 10:26
Jakarta: Game Call of Duty Black Ops: Cold War jadi korban selanjutnya dari siap agresif Tiongkok menyensor konten yang berseberangan dengan paham pemerintah negara tersebut. Apa konten yang dianggap tidak pantas tayang tersebut?
 
Diketahui bahwa di video teaser pertama seri game CoD Black Ops terbaru ini berisi dokumentasi semua peristiwa dunia yang terjadi di periode Perang Dingin yang melibatkan Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai dua pihak utama.
 
Tidak disangka ternyata pemerintah Tiongkok ikut menaruh perhatian terhadap game ini. Mereka memblokir video teaser game ini karena menampilkan dokumentasi terkait tragedi protes Tiananmen Square tahun 1989, dikutip dari situs CBR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Padahal potongan dokumentasi tragedi protes Tiananmen Square 1989 di dalam teaser CoD Black Ops: Cold War tampil hanya beberapa detik.
 

 
Aksi pemblokiran oleh pemerintah Tiongkok dilakukan setelah menerima laporan dari netizen negara tersebut. Kabar terbaru menyebutkan bahwa bagian Tiananmen sudah dipotong dan digantikan dengan tampilan blank warna hitam meskipun audio narasi dari video terus berjalan.
 
Di video teaser CoD Black Ops: Cold War disajikan dokumentasi dan narasi dari rekaman wawancara mantan agen intelijen KGB Uni Soviet bernama Yuri Bezmenov. Rekaman asli berisi penjelasan bahwa KGB memiliki mata-mata dengan kode Perseus yang sudah menyusup ke Amerika Serikat.
 
Game Call of Duty: Modern Warfare 2 juga pernah dilarang beredar di Rusia karena menyajikan misi pembantaian warga sipil dengan menaruh Rusia sebagai sosok antagonis atau jahat di dalam game. SeriCoD Black Ops: Cold War bakal diperkenalkan pada 26 Agustus 2020.

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif