Controller PS5 DualSense.
Controller PS5 DualSense.

Steam Tambahkan Dukungan DualSense PS5, Bisa Main di PC

Teknologi games sony steam playstation
Cahyandaru Kuncorojati • 24 November 2020 14:45
Jakarta: Pemilik PS5 tetap bakal bisa menggunakan dan menikmati pengalaman bermain game di PC menggunakan controller PS5 DualSense. Platform distribusi game Steam dilaporkan sudah menambahkan dukungan stik controller canggih tersebut ke layanan mereka.
 
Langkah yang dilakukan Steam bukan karena PS5 menjadi konsol gaming yang populer tapi mereka melihat bahwa pertumbuhan angka pemain game di PC terutama lewat Steam ternyata semakin banyak yang menggunakan controller.
 
Dikutip dari situs resmi Steam, diklaim bahwa selama dua tahun belakangan jumlah rata-rata pengguna harian Steam yang menggunakan controller bertamba dua kali lipat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jutaan pengguna Steam memainkan game mereka menggunakan controller di kategori game yang lebih mudah atau seru dimainkan menggunakan perangkat tersebut dibandingkan keyboard dan mouse.
 
Steam menyatakan bahwa developer game tidak perlu lagi melakukan modifikasi di game mereka versi PC agar stik PS5 DualSense bisa mendukung beragam fitur. Steam Input API sudah diprogram untuk bisa mendukung semua fitur dari stik controller tersebut ke dalam game.
 
Sayangnya satu fitur yang jadi keunggulan PS5 DualSense tidak disebutkan oleh Steam yaitu Adaptive Trigger. Fitur ini menyediakan pengalaman bermain yang sangat nyata pada tombol trigger L2/R2 berupa sensitivitas yang disesuaikan ke dalam sistem mekanik game.
 
Misalnya, tekanan jemari pada tombol tadi akan ikut berpengaruh ke elemen seperti seberapa kencang tarikan busur panah di dalam game sehingga akan terlihat dari seberapa jauh anak panah meluncur, dan sejenisnya.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif