PUBG: Battlegrounds.
PUBG: Battlegrounds.

Pemain PUBG Versi PC Tumbuh Pesat Sejak Digratiskan

Cahyandaru Kuncorojati • 15 Agustus 2022 10:39
Jakarta: Game pencipta tren battle royale yaitu PUBG atau yang namanya sudah menjadi PUBG: Battlegrounds ternyata tetap memiliki daya tarik. Berbeda dari versi mobile, game versi PC tersebut sebelumnya bisa dimainkan dengan cara membelinya alias tidak gratis.
 
Namun sejak awal tahun 2022, PUBG: Battlegrounds beralih menjadi free-to-play alias gratis. Efeknya kini terlihat, dilaporkan bahwa jumlah pemain PUBG: Battlegrounds mengalami kenaikan signifikan.
 
Dikutip dari stius IGN, Krafton sang pencipta game merilis laporan yang menyebutkan angka pendapatan rata-rata dari pengguna alias average revenue per user (ARPU) dari semua platform meningkat 20 persen dari kuartal ke kuartal. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di platform PC, PUBG: Battlegrounds berhasil mencatat pertumbuhan jumlah pemain baru sebanyak 80.000 pemain sejak digratiskan. PUBG: Battlegrounds tidak hanya mengubah game mereka menjadi gratis tapi model bisnisnya juga lebih mirip dengan versi game mobile yaitu menyediakan season pass atau battle pass.
 
Model bisnis tersebut terbukti sangat ampuh, PUBG Mobile juga diklaim masih berkontribusi kepada pendapatan Krafton yaitu mencapai USD550 juta atau kisaran Rp8 triliun. Pendapatan tersebut diklaim digunakan untuk pengembangan bisnis di game mobile.
 
Krafton sendiri tengah menyiapkan sejumlah game baru, mulai dari Unknown World dan The Callisto Protocol. Keduanya sempat merilis bocoran yang menerima respon positif dari gamer karena menawarkan hal yang segar setelah kesuksesan PUBG Mobile.
 
Saat ini PUBG: Battlegrounds telah merilis Patch 19.1 yang membawa banyak konten baru, termasuk di dalamnya kolaborasi atau crossover dengan game Assassin’s Creed milik Ubisoft. Kabarnya Apex Legends sendiri sedang menjadi kompetitor baru yang diperhitungkan setelah Fortnite.
 
(MMI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif