Gameplay Command & Conquer Remastered Collection di kualitas grafis 4K.
Gameplay Command & Conquer Remastered Collection di kualitas grafis 4K.

Review Game

Command & Conquer Remastered Collection, Nostalgia Sepenuhnya

Teknologi games review game indonesia
Cahyandaru Kuncorojati • 12 Juli 2020 19:01
Jakarta: Setahun belakangan banyak publisher membangkitkan kembali franchise lawas mereka dengan cara remaster atau remake. Tujuannya tentu saja membangkitkan nostalgia dari game terbaik lewat kualitas grafis terkini.
 
Sayangnya, masih banyak kekurangan yang justru membuat remaster atau remake ini sebagai cara mengisi kekosongan karya mereka. Namun, tidak dengan hadirnya Command & Conquer Remastered Collection oleh Electronic Arts lewat tangan Petroglyph Games yang merupakan mantan pengampu Westwood Studios.
 
Game genre RTS (Real Time Startegy) legendaris ini hadir kembali pada tanggal 5 Juni 2020. Di paket nostalgia ini Anda mendapatkan seri Command & Conquer Tiberian Dawn dan Red Alert yang hadir pertama kali di tahun 1995. Di dalamnya ada tiga ekspansi yaitu The Covert Operations, Counterstrike, and The Aftermath.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Medcom.id Command & Conquer Remastered Collection wajib untuk dimiliki, mengapa? Berikut ini beberapa ulasan yang kami buat sebagai alasan untuk Anda memasukan game ini dalam koleksi.
 
1. Nostalgia Kualitas Grafis Kapan Saja
Kualitas grafis jadi daya tarik utama game ini. Petroglyph Games sebagai studio awal pengembang game ini yang kembali diajak Electronic Arts untuk melakukan remaster paham bahwa gamer kerap ingin bernostalgia.
 
Command & Conquer Remastered Collection, Nostalgia Sepenuhnya
 
Makanya Command & Conquer Remastered Collection tidak langsung membangkitkan kembali game ini dengan kualitas grafis 4K seperti yang dijanjikan. Anda tetap bisa memainkannya dengan kualitas grafis lawas yang sudah disesuaikan dengan resolusi layar PC atau laptop.
 
Westwood Studios sepertinya menyadari bahwa akan sangat sulit apabila gamer ingin berganti gara kualitas grafis dari lawas ke 4K lewat menu Options dan harus restart game. Di sini kami cukup menekan tombol Space Bar untuk kapas saja berganti gaya kualitas grafis.
 
Command & Conquer Remastered Collection, Nostalgia Sepenuhnya
 
Tidak sampai di sini, gamer yang ingin melihat akurasi peningkatan kualitas grafis juga bisa melakukan zoom-in di arena permainan. Di laman resmi EA, mereka mengaku ingin menyajikan aksi pertempuran menjadi lebih detil.
 

2. Kendali Game yang Diperbarui
Sistem kontrol atau kendali game di Command & Conquer Remastered Collection juga sudah diperbarui, tidak kaku seperti game di era tahun 1990-an.
 
Petroglyph Games sudah menyediakan fitur key re-mapping dan menghadirkan fungsil tombol right-click untuk command dan attack. Fitur key-remapping membuka peluang bagi gamer RTS untuk menyajikan gaya permainan khas saat ini.
 
Command & Conquer Remastered Collection, Nostalgia Sepenuhnya
 
Kehadiran fitur ini jelas sangat menguntungkan karena Command & Conquer Remastered Collection kini menyediakan fitur online multiplayer dan leaderboard 1v1. Jadi gamer bisa adu cepat dalam mengendalikan unit di dalam game dan melancarkan beragam strategi.
 
Command & Conquer Remastered Collection, Nostalgia Sepenuhnya
 
Ada juga fitur Unit Queueing, kita bisa memberikan perintah bergantian kepada unit pasukan di game. Jadi kontrol di dalam game tidak hanya membuat gameplay semakin mudah jadi penuh strategi.
 

3. Mode Online dan Map Editor serta Dukungan Mod
Di era game online atau multiplayer maka akan sangat cepat membosankan apabila game lawas ini hanya menyediakan mode single player story maupun skirmish. Makanya di Command & Conquer Remastered Collection kini tersedia mode online.
 
Command & Conquer Remastered Collection, Nostalgia Sepenuhnya
 
Di sini kami bisa menjadi host dan membuat peraturan serta team. Apabila Anda ingin yang mudah tersedia fitur matchmaking yang langsung bisa memasukan gamer ke sesi yang sedang berlangsung
 
Petroglyph Games juga tampaknya menyadari gaya bermain game RTS saat ini terutama ala esports. Tersedia fitur replay dan observer yang dengan mudah bisa membantu gamer menyaksikan momen penting di dalam game yang berlangsung.
 
Command & Conquer Remastered Collection, Nostalgia Sepenuhnya
 
Rasanya tidak lengkap jika sebuah game RTS tidak menyediakan map editor. Selain mode multiplayer dan online, fitur ini yang bakal tetap menghidupkan game ini agar tidak membosankan.
 
Map editor memungkinkan setiap gamer berbagi konten yang mereka buat di komunitas penggemar game ini. Lebih lengkap lagi, game ini juga mendukung mod buatan gamer. Kabarnya EA juga merilis source code game ini, jadi siapapun bisa memodifikasi game tersebut.
 
4. Kualitas Audio dan Cut Scene Pelengkap Nostalgia
Audio baik suara maupun musik pengiring di Command & Conquer Remastered Collection adalah obat nostalgia yang tidak kalah ampuh. Di sini audio dari musik pengiring dan narator di tengah game dikulik menjadi lebih modern.
 
Kabar baiknya, gamer yang masih ingin mencicipi audio lawas juga bisa mengaksesnya lewat fitur Options. Medcom.id sendiri beberapa kali beralih dari grafis dan audio modern maupun lawas demi bernostalgia dan merasakan perbedaannya.
 
Command & Conquer Remastered Collection, Nostalgia Sepenuhnya
 
Ada juga fitur Jukebox untuk Anda menciptakan sendiri playlist musik atau audio yang akan diputar di dalam game. Tidak ketinggalan tayangan di antara misi di dalam seri game Command & Conquer.
 
Resolusinya hanya ditingkatkan untuk menyesuaikan layar PC atau laptop saat ini. Meskipun gaya video tersebut tetap otentik tapi hal ini memberikan nostalgia mendalam.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Western Digital Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Kekurangan
Kini kita berbicara soal kekurangannya. Command & Conquer Remastered Collection adalah salah satu nostalgia terkomplit yang Medcom.id pernah mainkan. Namun di dalam game remaster selalu ada kekurangan, mereka tetap menjaga gameplay di dalamnya sama.
 
Misalnya, kami menemukan AI di unit pasukan hanya akan menyerang saat diperintah. Mereka akan diam saat musuh sudah mendekat atau masuk dalam jarak efektif untuk menyerang. Kami bingung apakah ini bug atau memang versi orisinalnya demikian.
 
Beberapa kali unit AI di dalam game juga berhenti di tengah jalan saat berjalan jauh untuk membuka arena permainan yang masih tertutul fog alias gelap. AI masih kesulitan menemukan rute menuju titik yang diperintahkan.
 
Kesimpulan
Melihat kelebihan dan kekurangannya, EA dan mantan kreator di Westwood Studios jelas ingin menjaga keaslian game ini dengan menambahkam fitur atau konten yang membuatnya relevan dan menarik bagi penggemar baru.
 
Punya kekurangan bagi sebuah game remaster adalah hal yang tidak bisa dihindari. Fitur dan konten yang disajikan untuk menyegarkan game ini menurut ini sudah sangat memuaskan. Medcom.id sangat merekomendasikan game ini untuk dimiliki.
Judul: Command & Conquer Remastered Collection
Platform: PC
Developer: Petroglyph, Lemon Sky Studios
Publisher: Electronic Arts
Tanggal Rilis: 5 Juni 2020
Genre: Real Time Strategy
9.8
Command & Conquer Remastered Collection
Plus
  • Gameplay tetap seru
  • Peningkatan kualitas grafis dengan opsi versi lama
  • Audio versi remaster
  • Mode online multiplayer
Minus
  • Bug di AI unit game
  • Tidak ada varian mode gameplay baru

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif