Fortnite di smartphone.
Fortnite di smartphone.

Penjelasan Lengkap Soal Fortnite Dihapus Apple dan Google

Teknologi games fortnite
Cahyandaru Kuncorojati • 14 Agustus 2020 14:05
Jakarta: Epic Games, developer sekaligus publisher game Fortnite bakal mengajukan gugatan hukum kepada Apple dan Google. Keputusannya menebar perang kepada dua perusahaan ini lantaran game mobile Fortnite dihapus dari App Store dan Google Play Store.
 
Gugatan ini diajukan semata-mata bukan karena aplikasi Fornnite dihapus sepihak tapi karena App Store dan Google Play Store dianggap anti-kompetitif atau memonopoli keuntungan transaksi di dalam game (in-game purchase).
 
Diktup dari berbagai sumber, Epic Games diketahui merilis sebuah opsi transaksi langsung di dalam game mereka. Jadi semua transaksi akan berlangsung antara Epic Games dan gamer Fortnite, tidak ada perantara di dalamnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi Epic Games ini membuat keuntungan developer game lebih besar karena tidak ada potongan dari pihak ketiga yaitu App Store dan Google Play Store. Bagi gamer jelas harga atau nilai transaksi semakin murah.
 
Namun hal ini dinilai Apple dan Google melanggar kebijakan yang mengatur transaksi di platform toko aplikasi mereka. Kebijakan ini sudah lumrah dijumpai pada platform distribusi atau pemasaran aplikasi maupun game seperti Apple App Store, Google Play Store, maupun Steam.
 
App Store dan Play Store diketahui memiliki kebijakan bagi hasil atau komisi untuk setiap transaksi. Mereka akan menerima keuntungan 30 persen sementara developer sebesar 75 persen dari transaksi yang berlangsung. Hal ini yang sejak lama diprotes oleh Epic Games.
 
Di tahun lalu Epic Games sempat menyediakan Fortnite untuk Android tapi dengan diunduh dari situs Epic Games langsung, sama seperti menggunakan metode file .APK. Cara ini dinilai Google berbahaya karena file game mudah disusupi malware dan dibuat aplikasi palsu oleh pelaku kejahatan siber.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif