NEWSTICKER
PlayStation 4. (PCMag)
PlayStation 4. (PCMag)

PS5 Targetkan Dukung 4.000 Game PS4

Teknologi games sony playstation
Cahyandaru Kuncorojati • 22 Maret 2020 15:26
Jakarta: Sejak akhir tahun lalu, kehadiran PlayStation 5 (PS5) diramaikan dengan rumor bahwa konsol generais terbaru ini bisa mendukung game dari generasi PlayStation sebelumnya. Beberapa hari lalu dalam presentasi teknis PS5 fitur ini memang sempat terlewat untuk dijelaskan.
 
Namun Lead System Architect PlayStation, Mark Cerny ternyata menyadari hal tersebut. Dilaporkan bahwa usaha memberikan presentasi teknis yang dianggap membosankan oleh banyak gamer, di dunia akhirnya pihak Sony memberikan klarifikasi.
 
Dikutip dari Digital Trends, saat itu Cerny mengklaim bahwa PS5 memang memiliki fitur backward compatibility yang membuat konsol ini bisa memainkan game dari generasi konsol terdahulu. Namun dia hanya menyebutkan ada sekiat 100 game dari PlayStation 4 (PS4) yang bisa dimainkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Artinya, jumlah tersebut sangat sedikit dibandingkan begitu banyak koleksi game yang dirilis publisher untuk konsol PS4. Melalui situs resmi Sony PlayStation mereka melakukan koreksi dengan berencana menambah angka game dari era PS4 yang nantinya bisa dimainkan di PS5.
 
"Kami sangat bahagia untuk memastikan bahwa fitur backward compatibility sedang dalam pengerjaan. Baru ini kami sudah mengumpulkan 100 game PS4 peringkat terpopuler yang akan bisa dimainkan saat PS5 diluncurkan," tulis Senior VP, Platform Planning & Management Sony Playstation, Hideaki Nishino.
 
"Begitu banyak katalog game PS4 yang ada, kami berkomitmen untuk berusaha memungkinkan penggemar kami untuk bisa memainkannya di PS5. Kami yakin sekitar lebih dari 4.000 game PS4 akan bisa dimainkan di PS5," tambahnya.
 
Dia menyebutkan bahwa dalam waktu dekat pihak Sony PlayStation akan memberikan penjelasan teknis bagaimana hal tersebut bisa dilakukan PS5. Sayangnya rumor mengenai kemampuan untuk PS5 bermain game lawas mulai dari PS3 hingga PS2 dan PS1 tidak terjawab.
 
Sony PlayStation sama sekali tidak memberikan jawaban terkait rumor ini. Apabila fitur backward compatibility berjalan mulus saat PS5 dirilis, maka kemungkinan ke depannya tersedia update untuk menyediakan dukungan bagi game yang lebih lawas.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif