Streets of Rage 4.
Streets of Rage 4.

Review Game

Streets of Rage 4, Genre Langka di Masa Kini

Teknologi games review game indonesia
Cahyandaru Kuncorojati • 17 Mei 2020 22:11
Jakarta: Franchise game lawas Street of Rage yang dahulu dirilis oleh Sega kembali muncul. Kali ini lewat publihser Dotemu, franchise ini kembali hidup dengan nama Street of Rage 4 setelah 25 tahun dari seri ketiganya.
 
Gameplay yang ditawarkan oleh Street of Rage 4 masih sama yaitu side-scrolling beat 'em up yaitu sebuah genre arcade yang populer pada masanya hingga era PSX. Gamer di masa tersebut pasti kenal dengan game jenis ini, misalnya game lain bernama Captain Commando buatan Capcom.
 
Ya, genre ini memang tidak lagi bisa ditemukan di game konsol atau PC saat ini dna mungkin hanya ada sedikit di game mobile. Namun, justru Street of Rage 4 memberikan sebuah obat mengatasi kejenuhan dari beragam genre yang pasaran saat ini terlepas dari sebuah nostalgia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Grafis Animasi yang Terasa Modern
Meskipun tetap mengusung genre dan gameplay yang sama dengan rasa nostalgia, Street of Rage 4 tetap punya sentuhan kekinian. Grafis animasi yang disajikan lebih pas disebut mirip game arcade saat ini.
 
Perbedaan ini bisa jelas terlihat apabila membandingkan Street of Rage 4 dengan seri ketiganya. Hal ini tidak aneh, mengingat seri sebelumnya dirilis 25 tahun sebelumnya. Jadi kualitas animasih dari game ini masih akan tetap memanjakan mata.
 
Streets of Rage 4, Genre Langka di Masa Kini
 
Elemen seperti objek benda maupun arena permainan yang ikut rusak akibat pertarungan ikut membuat gameplay terasa cukup desktruktif. Game ini mengusung beberapa stage. Efek visual dari serangan termasuk serangan spesial yang disebut Star Move.
 
Pergerakan grafis animasi juga tidak kaku dan lebih halus sehingga mendukung gamer dengan respon cepat untuk melancarkan kombo serangan.
 
Gaya Serangan yang Kaku
Terlepasa dari animasi grafis yang sudah cukup modern ternyata gaya serangan Street of Rage 4 terasa kaku dan masih sama seperti seri terdahulu. Di awal permainan saya sangat menyukainya tapi semakin lama terasa kombo serangan memiliki formula lama yang akhirnya membosankan.
 
Street Rage 4 sendiri menambahkan serangan khusus bernama Star Move. Serangan ini akan mengurangi Health atau darah karakter. Meskipun begitu, bekal Star Move juga bisa dikumpulkan dari seberapa banyak musuh yang dikalahkan atau mengumpulkan objek Star yang tersebar di map.
 
Streets of Rage 4, Genre Langka di Masa Kini
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Kekurangan saya temui adalah meskipun tipe karakter jagoan punya gaya serangan berbeda dan khas, hanya satu atau dua yang punya gerakan berlari. Hal ini cukup menyulitkan dalam proses pertarungan karena jenis musuh sangat beragam.
 
Saat berhadapan dengan musuh yang bisa berlari saya cukup kewalahan untuk lebih dulu melancarkan serangan. Karakter yang tidak bisa berlari jadi bergantung ke pertarungan jarak dekat sembari menunggu musuh dalam jumlah banyak sekaligus.
 
Streets of Rage 4, Genre Langka di Masa Kini
 
Di Street of Rage 4, pemain tidak hanya bisa mengambil senjata yang jatuh tapi juga merebut senjata musuh asal dilakukan dalam momen serangan yang tepat. Percayalah, serangan menggunakan senjata justru terasa lebih buruk dibandingkan tangan kosong.
 
Saat karakter menyerang dengan senjata, jenis serangan hanya terbatas pada pukulan atau ayunan senjata dan tidak tersedia kombo sama sekali. Di seri keempat, Street of Rage masih tetap menyediakan boss fight, momen yang biasa ditemukan pada game dengan genre sejenis.
 
Mode Gameplay yang Variatif
Saya menemukan bahwa bermain Story Mode atau Arcade sendiri sangatlah sulit terutama saat musuh dalam jumlah banyak dan jenis serangan yang beragam. Beruntungnya ada mode Co-Op Online yang mendukung multiplyaer hingga dua pemain.
 
Namun, gamer tetap bisa menjumpai mode multiplayer hingga empat pemain seperti game sejenis pada masanya dalam mode local. Di sini gameplay jauh lebih menarik. Serangan musuh dalam jumlah banyak bukan lagi masalah.
 
Tersedia juga mode Boss Rush untuk gameplay yang langsung berhadapan dengan musuh sekelas Boss Stage yang punya Health lebih panjang dan skill khusus.
 
Streets of Rage 4, Genre Langka di Masa Kini
 
Mode menarik dari Street of Rage 4 adalah PVP secara online. Jadi Anda bisa memilih bertarung dengan pemain lain. Namun jangan dibayang mode ini akan seperti game fighting saat ini. Anda tetap harus mengendalikan arah atas dan bawah untuk menyesuahkan dengan arah hadap lawan.
 
Mengingat gerakan kombo yang terbatas dan biasa saja, maka mode ini menjadi kurang gereget. Pemain yang berhasil melancarkan kombol lebih dulu punya peluang besar untuk jadi pemenang, makanya saya anggap tidak sama seperti game fighting yang masih punya peluang untuk membalikan keadaan.
 
Kesimpulan
Streets of Rage 4 menawarkan gameplay yang tidak diusung oleh kebanyakan game masa kini. Jadi game ini sukses menyajikan nostalgia sekaligus obat jenuh akan game yang berbeda namun di sini masih terdapat kekurangan.
 
Gaya bermain yang sederhana termasuk kombo serangan yang biasa saja atau justru kaku membuatnya kurang seru. Ragam karakter yang punya gaya serangan berbeda tidak melakukan lari sehingga bisa menghajar atau menghindari serangan musuh yang bisa berlari atau lebih gesit.
 
Penggunaan senjata tambahan justru membuat gaya serangan biasa saja dibandingkan kombo dengan tangan kosong. Daya tarik yang membuat Streets of Rage 4 pantas dicoba adalah nostalgia dengan mode multiplayer mulai dari dua hingga empat pemain sekaligus.
Judul: Streets of Rage 4
Platform: PC, Xbox One, PlayStation 4, Nintendo Switch
Developer: Lizardcube, Guard Crush Games
Publisher: Dotemu
Tanggal Rilis: 30 April 2020
Genre: 2D side scrolling/beat 'em up/arcade
7.5
Streets of Rage 4
Plus
  • Nostalgia genre lawas
  • Grafis animasi sudah modern
  • Mode multiplayer 2-4 pemain
  • Mode online
Minus
  • Kombo serangan kaku
  • Kekurangan di kemampuan karakter
  • Narasi atau cerita latar yang biasa saja

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif