Game Fortnite buatan Epic Games.
Game Fortnite buatan Epic Games.

Fortnite, Game Berpenghasilan Terbesar di 2019

Teknologi games fortnite
Cahyandaru Kuncorojati • 06 Januari 2020 16:44
Jakarta: Tidak begitu populernya game Fortnite di kawasan Asia terutama Indonesia tidak membuat game ini kalah dari segi pendapatan dibandingkan game lainnya. Game garapan Epic Games ini justru disebut punya penghasilan terbesar sepanjang 2019.
 
Fortnite jauh lebih terkenal di Amerika dan Eropa. Game ini juga sudah menggelar kompetisi dunia pertamanya dengan nilai hadiah yang fantastis. Pendapatan Fortnite diklaim lebih besar dari Arena of Valor bahkan Pokemon GO.
 
Dikutip dari Digital Trends, data dari firma riset SuperData yang merupakan anak perusahaan Nielsen mencatat penghasilan terbesar beberapa game sepanjang 2019 model free-to-play.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fortnite diklaim berada di posisi pertama dengan nilai USD1,8 miliar atau sekitar Rp25 triliun. Nilai tersebut mengalahkan game Honour of Kings termasuk Arena of Valor di posisi kedua dengan angka Rp1,6 miliar untuk keduanya.
 
Beralih ke posisi keempat dan kelima ada League of Legends (LoL) dan Candy Crush Saga dengan nilai yang sama yaitu USD1,5 miliar. Di posisi terakhir ada Pokemon GO dengan pendapatan mencapai USD1,4 miliar sepanjang 2019.
 
SuperData juga menyebut bahwa game Apex Legends menjadi disrupsi bagi Fortnite namun mereka tidak menyebutkan angka pendapatan game tersebut. Game bergaya battle royale juga diklaim tidak berhasil masuk dalam daftar 10 besar.
 
Namun SuperData mengklaim game bergaya Battle Royale berhasil menjuarai rekor unduhan tecepat 50 juta kali di PC dan konsol. Fortnite sendiri dilaporkan mengalami penurunan pendapatan di 2019 dibandingkan tahun lalu.
 
Penurunan tersebut mencapai 25 persen dibandingkan pendapatan Fortnite di 2018 yang mencapai USD2,4 miliar. SuperData menyebut game genre shooter di kumpulan game bermodel free-to-play punya performa bagus karena memberikan update yang konsisten.
 
SuperData mengklaim game genre shooter lebih berhasil mendorong pemainnya untuk membelanjakan uang mereka dibandingkan pemain di game MOBA. Berdasarkan jumlah pemain, gamer MOBA masih jauh lebih banyak dibandingkan penggemar setia Fortnite.
 
Keberhasilan Fortnite menurut SuperData adalah kemampuan Epic Games menyediakan konten baru untuk game tersebut termasuk kerja sama dengan franchise ternama. Misalnya kehadiran outfit karakter Star Wars, Avengers, dan lainnya dengan beberapa fitur konten tematik.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif