Cover art game Cyberpunk 2077.
Cover art game Cyberpunk 2077.

CD Projekt Red Bantah Cyberpunk 2077 Mundur Akibat Performa Konsol

Teknologi teknologi games
Cahyandaru Kuncorojati • 28 Januari 2020 10:17
Jakarta: CD Projekt Red sebagai developer game dari The Witcher 3: Wild Hunt sekaligus yang terbaru yaitu Cyberpunk 2077 memberikan respons terkait mundurnya tanggal rilis game teranyar yang bakal dibintangi aktor Keanu Reeves.
 
Sebelumnya diketahui Cyberpunk 2077 dimundurkan tanggal rilisnya dari 16 April ke 17 September 2020. Developer mengklaim mereka ingin menyempurnakan konten di dalamnya.
 
Namun, beredar rumor bahwa alasan sebenarnya adalah game ini tidak kompatibel dengan performa dari PlayStation 4 dan Xbox One X.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak CD Projekt dalam sebuah forum memberikan dukungan atas alasan yang dilontarkan oleh Game Director dari God of War, Cory Barlog dikutip dari situs IGN. Di media sosial Twitter, Barlog memberikan respon atas cuitan media yang menyebutkan rumor mundurnya game Cyberpunk 2077 karena permasalahan performa konsol.
 
Barlog membantah rumor tersebut dengan menyatakan bahwa di setiap awal pengembangan game yang hampir selesar biasanya kasus tersebut lumrah terjadi. Game akan berjalan buruk di performa semua konsol saat pertama kali bisa diaminkan namun developer akan mengoptimalkannya sebelum game benar-benar dirilis ke pasar dan dimainkan gamer.
 
"Setiap game berjalan dengan buruk sampai kami mengoptimalkannya sehingga bisa berjalan dengan sempurna di tahap akhir," tulis di akun Twitter @corybarlog. Opini ini dinilai sebagai sudut pandang dari sebuah setiap developer dalam proses pengembangan game.
 
Di sebuah forum yang dikelola CD Projekt Red, developer ini mengutip cuitan Twitter tadi dan menyatakan bahwa alasan tersebut sangat tepat. Jadi mundurnya tanggal rilis game Cyberpunk 2077 bukan karena masalah di konsol, melainkan game itu sendiri masih butuh dioptimalisasi agar berjalan mulus menyesuaikan kemampuan hardware.
 
"Tentu saja kami sedang mengoptimalkannya untuk Xbox One dan PlayStaion juga PC karena itulah tahap akhir dari pengembangan game. Saat game dalam proses pembuatan banyak hal yang tidak optimal karena semuanya masih belum selesai," tulis CD Projekt Red dikutip dari IGN.
 
Lebih lengkap lagi pihak CD Projekt Red menyatakan bahwa jawaban sederhana yang berupa rumor mungkin bisa menjadi kabar baik penggemar, tapi hal ini justru menghilangkan kebenaran di baliknya. Mereka menyatakan ada banyak alasan sederhana dan jujur yang bisa diberikan.
 
"Memperbaiki bug sehingga game memiliki kualitas sebaik mungkin. Tidak ada agenda lain, yang dilakukan hanya demi membuat game menjadi lebih baik lagi dibandingkan awal rencana pembuatan," tulisnya CD Projekt Red.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif