Peresmian kantor baru Agate di Teknopolis Bandung.
Peresmian kantor baru Agate di Teknopolis Bandung.

Ridwan Kamil Doakan Game Agate Tembus Internasional

Teknologi games Agate
Cahyandaru Kuncorojati • 24 April 2019 13:55
Jakarta: Kemarin, developer game Tanah Air asal Bandung bernama Agate memperingati usianya yang genap 10 tahun. Bersamaan dengan perayaan tersebut Agate meresmikan kantor barunya di area Teknopolis Bandung di Summarecon Gedebage, Bandung.
 
Dalam peresmian kantor baru Agate, hadir Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) hari Santosa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Direktur Bisnis dan Pengembangan Properti Summarecon Agung Herman Nagaria.
 
Selain meresmikan gedung, mereka juga menyatakan kerja sama dalam pengembangan industri game di Indonesia. Industri game di Indonesia di masukan sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif dan diyakini memiliki potensi bisnis yang sangat besar ke depannya di era digital.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, sebagian besar pelaku industri game di Indonesia mengakui bahwa potensi tersebut masih belum tergarap dengan baik dan maksimal, terutama di Indonesia. Padahal, di global industri game memiliki pendapatan lebih besar dibandingkan industri film dan musik.
 
Ridwan Kamil Doakan Game Agate Tembus Internasional
 
Pihak Agate menyebut saat ini pangsa pasar untuk game lokal masih berada kurang dari lima persen. Kerja sama yang terjalin dia antara ketiga pihak diharapkan bisa menjadi dukungan bagi Agate dan developer game lokal lainnya agar karyanya bisa tembus pasar internasional.
 
"Baru tiga bulan, karya game Agate bisa terjual ke seluruh dunia senilai USD1 juta. Itulah ekonomi kreatof berbasis teknologi karya anak bangsa yang Insya Allah bisa menembus pasar dunia," tulis Ridwan Kamil lewat unggahan foto-foto Agate di akun Facebook miliknya.
 
Hari juga disebut mendoakan hal yang sama. Dia menjadi saksi dari tumbuh kembangnya Agate di Indonesia. Disebut bahwa Agate di masa awalnya merupakan startup paling rajin mengikuti coaching dari BEKRAF hingga akhirnya bisa jadi independen.
 
Ridwan Kamil Doakan Game Agate Tembus Internasional
 
Pihak Summarecon Agung sendiri memiliki visi sejalan dengan Pemkot Bandung saat Ridwan Kamil masih menjabat. Mereka ingin menciptakan Bandung sebagai kota kreatif dengan pembangunan Teknopolis Bandung sebagai Silicon Valley versi Indonesia.
 
Awal tahun ini Agate berhasil mengakuisisi studio game lokal bernama Ekuator Games yang telah memiliki game berjudul Celestial Tales: Old North dan telah tembus pasar internasional. Game Agate juga ada yang sudah laris di internsional, yaitu Valthirian Arc dengan hasil penjualan belasan miliar Rupiah.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif