Ulasan kami mengenai GTA V
Ulasan kami mengenai GTA V

Review Game

Review GTA V, Sempurna di Segala Lini

Teknologi games review game indonesia gta v
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 16 Mei 2020 13:41
Jakarta: Setelah sebelumnya hadir secara eksklusif untuk konsol, pengembang Rockstar North akhirnya secara resmi merilis game teranyar dan terbaik yang pernah mereka buat, Grand Theft Auto V untuk PC.
 
Ini adalah game open-world kontemporer yang sesungguhnya telah menjadi favorit gamer PC di seluruh dunia. Memasuki tahun ke-6, ia masih menjadi favorit gamer di berbagai belahan dunia, dan selama periode terbatas, tersedia secara gratis di Epic Games Store.
 
Perlu diketahui bahwa perilisannya untuk PC sempat menuai kecaman karena gamer PC merasa dianaktirikan. Pihak Rockstar sendiri memastikan bahwa penundaan perilisan untuk PC adalah untuk memaksimalkan performa yang dihadirkan GTA V. Berikut ulasan kami.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Review GTA V, Sempurna di Segala Lini
 
Grand Theft Auto V adalah seri kelima dari franchise Grand Theft Auto yang membawa gamer berperan sebagai tiga karakter utama. Ketiganya tidak berhubungan langsung pada awal cerita, dan perlahan-lahan pemain akan sadar bahwa mereka memiliki kesamaan. Jika Anda pernah memainkan ekspansi GTA IV, Anda akan merasakan pengalaman bermain yang mirip.
 
Namun, rasa mirip itu benar-benar hanya sebentar. Ketika mulai beraksi di Los Santos, kota permainan dari game ini, pemain bisa mearasakan sebuah kota dengan penduduknya yang memiliki AI cukup bagus. Hal tersebut bisa dilihat saat interaksi antar karakter figuran yang ditemui sepanjang jalan, begitupun saat tokoh utama ikut berinteraksi.
 
Kota Los Santos ini rupanya menyimpan banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi, baik di dalam kotanya maupun wilayah pegunungan dan pantai. Selain itu, game ini memiliki dua kehidupan yang berbeda, siang dan malam. Ya, game ini menyediakan fitur day and night cycle.
 
Review GTA V, Sempurna di Segala Lini
Konsep open-world yang disematkan memang jadi kelebihan tersendiri dari franchise Grand Theft Auto. Rockstar berhasil memaksimalkan semua potensi yang dimiliki dari sebuah game open-world.
 
Pemain bisa melakukan apa saja yang diinginkan, dan tidak hanya sekadar membuat kekacauan di jalan raya, sampai membuat pemainnya berurusan dengan polisi. Pemain juga bisa mengunjungi klub malam, naik kereta atau tram, berenang di dasar laut, atau naik pesawat terbang. Tak hanya itu, pemain juga diberikan cara untuk mendapatkan uang selain merampok, yaitu dengan memiliki saham di bursa efek.
 
Review GTA V, Sempurna di Segala Lini
 
Penokohan setiap karakter utama Grand Theft Auto V terbilang sangat tepat. Pasalnya, selain memiliki ceritanya masing-masing, watak dan gaya berbicara yang dimiliki memang terlihat sangat berbeda dan khas. Misalnya, Franklin dengan gaya bicara yang tidak lepas dari penggunaan kata homie dan nigga, termasuk lingkungan di sekitarnya dengan ras yang sama.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Fitur tambahan berikutnya adalah karakter yang kemampuannya berkembang dalam menjalankan aktifitas apapun. Anda pasti pernah menemui fitur ini dalam GTA San Andreas, dan di GTA V, fitur ini juga hadir dengan beberapa variasi tambahan. Gamer bisa menempbak dengan akurasi yang lebih tinggi setelah beberapa kali menembak dengan senjata tertentu.
 
Selain itu, kehadiran mode FPS atau sudut pandang orang pertama benar-benar membuat GTA V menyajikan gaya permainan yang dinamis. Sudut kamera ini sangat menarik ketika digunakan untuk berjalan di trotoar, berenang, terjun payung, atau sedang mengendarai mobil.
 
Review GTA V, Sempurna di Segala Lini
 
Grand Theft Auto V memiliki mekanisme permainan yang sangat lengkap juga dilengkapi grafis yang sangat baik. Rockstar juga sebelumnya telah mengatakan bahwa mereka menunda perilisan untuk PC demi kualitas visual yang lebih baik ketimbang versi konsolnya.
 
Benar saja, beberapa efek visual yang hadir di PC tidak akan ditemui saat memainkan GTA V di PlayStation 4 dan Xbox One. Kami memainkannya dengan kartu grafis NVIDIA GeForce kelas high-end, dan tidak ada bug mengganggu yang kami temui sepanjang permainan.
 
Grand Theft Auto V adalah game yang sempurna dari berbagai aspek. Bukan sembarangan, saya sendiri melihat bahwa game ini bisa membuat pemain penasaran dengan apa yang bisa dilakukannya dalam dunia game tersebut, dan GTA V memungkinkan gamer untuk mewujudkannya, terutama mereka penggemar garis keras franchise GTA. Ini adalah salah satu game terbaik yang pernah dirilis untuk PC sepanjang masa.
PLATFORM PC, PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox One, Xbox 360
DEVELOPER Rockstar North
PUBLISHER Rockstar
TANGGAL RILIS 4 November 2014
GENRE Action

10
Grand Theft Auto V
Plus
  • Kualitas dan mekanik grafis sangat baik
  • Kehadiran mode kamera FPS
  • Penokohan dan cerita karakter yang bagus
  • Mekanisme permainan sangat variatif dan dinamis
Minus
  • Rasanya tak ada kekurangannya


 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif